26.6.09

Civitas Akademika Ilmu Kelautan UNDIP Berkumpul di Kantor KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 9 Juni 2009 yang lalu, para Civitas Akademika (CA) Jurusan Ilmu Kelautan (JIK) Universitas Diponegoro (UNDIP), berkumpul bersama di Kantor KeSEMaT. Lihatlah foto di samping ini, selain KeSEMaT, nampak hadir Pembantu Dekan III, perwakilan para dosen dan perwakilan dari berbagai organisasi mahasiswa yang ada di lingkungan JIK dan UNDIP seperti Marine Voice (MV), Unit Kegiatan Selam Air (UKSA) 387, Marine Diving Club dan lain-lain.

Berkumpulnya CA JIK UNDIP dalam rangka menyambut dua orang wartawan BBC Inggris, yaitu Joe Yaggi (Joe) dan Douglas Varchol (Douglas) yang berkenan membagi ilmu dan pengalaman mereka pada saat membuat film dokumenter pesisir, di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Acara yang dimulai dari pukul 19.00 WIB – 21.00 WIB ini, berlangsung akrab dan meriah karena diawali dengan nyanyian lembut nan mendayu-dayu dari Rekan-rekan MV. Dua buah lagu telah dinyanyikan oleh mereka dengan tujuan untuk memperkenalkan lagu-lagu daerah Indonesia terutama lagu tradisional Jawa Tengah kepada kedua wartawan BBC, itu. Dengan dilantunkannya dua buah lagu ini, diharapkan Joe dan Douglas bisa mendapatkan referensi dalam pemilihan ilustrasi musik dalam film dokumenter pesisir yang mengambil lokasi syuting di daerah mangrove Surodadi Demak, dan sekitarnya.

Setelah alunan musik berlalu, acara dilanjutkan dengan pemaparan kisah dan pengalaman kedua wartawan tersebut di berbagai negara, dalam pembuatan film dokumenter. Beberapa kisah yang dibagikan kepada para CA antara lain adalah kisah awal mula keduanya bisa masuk dan terjun ke dunia film dokumenter. Tak hanya itu, tips dan trik teknik pembuatan film dokumenter juga tak pelit dibagikan oleh mereka. Puas dengan pemaparan materinya, Joe dan Douglas tak lupa juga mengajak para CA untuk mulai berani membuat film dokumenter. Acara malam itu, ditutup dengan pembagian kenang-kenangan berupa dua buah pin KeSEMaT dan dokumentasi foto-foto pelatihan mangrove kepada Joe dan Douglas, yang disampaikan secara langsung oleh Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing).

Dari acara ini, sebuah harapan besar dari KeSEMaTERS agar CA JIK UNDIP lebih banyak lagi bisa bertemu untuk menjalin silaturahmi dan mempererat pemikiran bersama demi memajukan institusinya, kiranya harus terus dikumandangkan. Semoga saja, pertemuan di Kantor KeSEMaT ini, bisa menjadi tonggak awal bagi pertemuan-pertemuan CA berikutnya di tempat yang berbeda, tak hanya membahas film dokumenter pesisir saja, melainkan beralih ke topik-topik lainnya. Salam MANGROVER!