Hasil Lomba Gambar Mangrove KGTS 2009

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 18 Juni 2009, KeSEMaT telah menyelesaikan serangkaian program pendidikan mangrovenya, yaitu KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2009 dengan mengadakan Lomba Gambar Mangrove (LGM) di SD 1 dan SD 2 Trimulyo, Semarang. LGM difasilitasi oleh beberapa orang KeSEMaTERS, yaitu Faradhian Fahmi (DP), Farhan Pramudito (MENPORSI), Abdul Rohman Zaky (MENDIKTAN), Aurora Hanifa (Anggota), Tutus Wijanarko (AnggotaI), Oky Yuripa P. (Anggota) dan Afirman Karyono (Anggota).

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB. LGM dimulai dengan pembagian kertas gambar dan arahan materi tentang pengisian biodata diri yang berada di belakang kertas gambar, lalu dilanjutkan pada acara inti, yaitu LGM. Keseriusan para pelajar SD Trimulyo 1 dan 2 dalam mengikuti acara ini tergambar dari mimik wajah mereka masing-masing bahkan beberapa pelajar sempat menanyakan flora dan fauna apa saja yang terdapat di hutan mangrove.

LGM dilaksanakan kurang lebih selama dua jam lebih untuk memberikan kesempatan kepada para pelajar dalam menghasilkan karya terbaik, mereka. Sebelum pengumuman Juara 1, 2 dan 3, para KeSEMaTERS memberikan makanan kecil dan hadiah, dengan syarat mereka berhasil menjawab beberapa pertanyaan dari KeSEMaTERS.

Hal ini dilakukan untuk menguji sampai sejauh mana daya serap mereka terhadap pengetahuan mangrove yang telah diajarkan oleh KeSEMaTERS di KGTS 2009. Hasilnya, jawaban mereka benar semua. Ini menandakan bahwa usaha KeSEMaTERS tidak sia-sia dalam mengajar dan menyalurkan ilmu mangrovenya, kepada para murid SD 1 dan SD 2 Trimulyo, Semarang.

Berikut ini adalah juara LGM dalam KGTS 2009:

1. Juara Pertama

Nama: Yunika Ucik Purwita
Umur: 10 tahun
Sekolah: SD Trimulyo 2
Alamat: Jl. Kanguru Selatan RT 3/III Trimulyo
Kota: Semarang
Negara: Indonesia
Judul: Hutan Mangrove

2. Juara Kedua

Nama: Ragil Unggul Pratiwi
Umur: 12 tahun
Sekolah: SD Trimulyo 2
Alamat: Kawasan Blok E6 Trimulyo
Kota: Semarang
Negara: Indonesia
Judul: Mangroveku Hidupku

3. Juara Ketiga
Nama: Aji Satriyo Pamungkas
Umur: 11 tahun
Sekolah: SD Trimulyo 1
Alamat: Trimulyo RT 4/II
Kota: Semarang
Negara: Indonesia
Judul: Mangrove for Our Live

LGM – KGTS 2009 ditutup dengan foto bersama antara KeSEMaTERS dengan para siswa dan guru SD Trimulyo 1 dan 2. Selanjutnya, hasil gambar para pemenang akan dikirim oleh KeSEMaT ke Amerika Serikat untuk mengikuti International Children Art Calendar Competition 2009 yang diselenggarakan oleh Mangrove Action Project.

No comments:

Post a Comment