29.9.10

99%! Kelulushidupan Bibit Mangrove Hasil MANGROVE CULTIVATION 2010 dan MANGROVE REpLaNT 2010

Jepara - KeSEMaTONLINE. Pada tanggal 28 September 2010, para KeSEMaTER, yaitu Sdr. Oky Yuripa Pradana (Presiden), Sdr. Tutus Wijanarko (MENPORSI), Sdr. Abdul Muis S. (MENWIRA), Sdr. Afirman Karyono (MENDIKTAN), Sdri. Aurora Hanifa (MENKORMAT), Sdri. Hilyati Fajrina (MENPUSMAT), Sdri. Lady Yunia R. (MENKEU), Sdr. Tangguh Gilang P.W. (Anggota), Sdr. Yuniar Andri S. (Anggota) dan Sdr. Niharul Annas (Anggota) telah melakukan program monitoring terhadap kelulushidupan bibit mangrove yang dibibitkan dan ditanam di areal Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK), di Desa Teluk Awur, Jepara.

Dari program monitoring ini, didapatkan hasil bahwa hasil pembibitan dan penanaman mangrove pada saat program MANGROVE CULTIVATION (MC) 2010 dan MANGROVE REpLaNT (MR) 2010 ini, berhasil tumbuh dengan baik hingga mencapai kelulushidupan 99%!.

Kurang lebih 1000 propagul dan 2000 bibit mangrove telah ditanam pada bulan Mei dan Juli 2010, yang diantaranya terdiri dari berbagai spesies mangrove, yaitu Rhizophora mucronata, R. apiculata, R. stylosa, Bruguiera gymnorrizha, B. cyilindrica, Ceriops tagal dan C. decandra. Program monitoring dilakukan mulai pukul 16.00 WIB - 18.00 WIB.