17.9.10

Tingkatkan Pelayanan Mangrove ke Masyarakat, Puluhan Blog Mangrove di Jaringan KeSEMaTONLINE Semakin Modern dan Dinamis!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Apakah Anda sudah membuka KeSEMaTBLOG, hari ini? Jika belum, bisa kami informasikan bahwa KeSEMaTBLOG dan blog-blog KeSEMaT lainnya, seperti Blog Mangrove, KeSEMaTEEN, KeSEMaTMANGROVER, KeSEMaTNURSERY, KeSEMaTOKO, KeSEMaTWORDPRESS, Mangrove Safe dan MANGROVEANDTIPS yang tergabung didalam Jaringan KeSEMaTONLINE, mulai akhir Agustus 2010 yang lalu, telah berubah tampilannya menjadi sangat modern dan dinamis. Video dan tampilan slide show gambar yang berubah-ubah, disertai dengan navigasi yang lebih mudah dan versi mobile di setiap blog sehingga bisa dinikmati pula di handphone, membuat berselancar di Jaringan KeSEMaTONLINE, semakin mengasyikkan.

Perubahan tampilan ini, memang disengaja oleh KeSEMaT, dengan tujuan untuk semakin meningkatkan pelayanan mangrove para KeSEMaTER kepada masyarakat Indonesia dan dunia yang ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang dunia mangrove dengan segala seluk beluknya.

Tak hanya perubahan tampilan saja, dalam rangka peringatan hari ulang tahun KeSEMaT ke-9, yang jatuh pada tanggal 9 Oktober 2010 yang akan datang, maka blog-blog di Jaringan KeSEMaTONLINE, juga semakin beragam variasi content-nya. Sebagai contoh, Blog Mangrove adalah sebuah blog yang berisi tampungan beragam artikel mangrove dari masyarakat, lalu KeSEMaTEEN merupakan blog mangrove remaja yang dikhususkan sebagai ajang diskusi mangrove bagi kawula muda Indonesia dan dunia.

Selanjutnya, ada juga KeSEMaTMANGROVER yang hanya menampung cerita suka dan duka para MANGROVER didalam menjalankan pekerjaan mangrovenya sehari-hari. KeSEMaTNURSERY dan KeSEMaTOKO adalah dua blog KeSEMaT yang bersifat fundraising, yang masing-masing menjual (1) propagul, bibit, ajir dan jasa konsultasi mangrove sebagai penunjang pelaksanaan program rehabilitasi mangrove di pesisir Indonesia dan (2) beragam souvenir mangrove khas KeSEMaT, seperti kaos, mug, kerajinan mangrove dan lain-lain.

Sementara itu, KeSEMaTWORDPRESS lebih difungsikan KeSEMaT sebagai blog jurnal penelitian mangrove dan Mangrove Safe sebagai kreasi ide sertifikasi Mangrove Safe yang sedang coba dikampanyekan oleh KeSEMaT.

Blog lainnya, yaitu MANGROVEANDTIPS, mencoba menghadirkan nuansa baru dengan lebih banyak mengundang masyarakat luas untuk berkontribusi melalui artikel-artikel mangrove dan tips lingkungan di luar mangrove, yang ditemui di daerahnya masing-masing.

Sehubungan dengan keberadaan Jaringan KeSEMaTONLINE yang makin modern dan dinamis ini, maka KeSEMaT mengajak semua pihak untuk bisa berkontribusi dengan cara mengirimkan artikel mangrove, memberikan update data dan informasi terbaru mengenai pengelolaan mangrove di daerahnya masing-masing, melalui Jaringan KeSEMaTONLINE.


Semoga saja, dengan kehadiran Jaringan KeSEMaTONLINE, maka masyarakat Indonesia dan dunia tidak lagi “buta” mangrove, sehingga penyelamatan ekosistem ini di masa mendatang, akan semakin mudah. Amin. Semangat MANGROVER!