22.9.10

Implementasikan Gerakan Bersih Pantai dan Laut 2010, KeSEMaT dan DKP Kota Semarang Melakukan Penyuluhan Mangrove ke Warga Tapak Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 21 September 2010, mulai pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo (Executive Director), Bapak Sapto Pamungkas (Programme Campaigner), Sdr. Farhan Pramudito (DP) dan Sdr. Abdul Rohman Zaky (DP), telah memberikan penyuluhan teknik rehabilitasi mangrove kepada warga Tapak Semarang. Penyuluhan mangrove ini, dilaksanakan dalam rangka implementasi program Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) 2010 yang diinisiasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Semarang.

Penyuluhan mangrove dilakukan secara bersama dengan DKP Kota Semarang di rumah salah seorang warga Tapak, Semarang. Acara penyuluhan mangrove ini, diikuti oleh kurang lebih dua puluhan warga yang terdiri dari para pekerja tambak dan nelayan setempat. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT memberikan pengetahuan mengenai ekologi mangrove dan teknik rehabilitasi mangrove yang benar kepada warga Tapak.

Selain itu, DKP Kota Semarang, juga memberikan informasi mengenai berbagai program rehabilitasi mangrove yang akan dan sedang digulirkan oleh DKP Kota Semarang di Tapak, untuk membantu masyarakat pesisir Tapak dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Setelah acara penyuluhan mangrove selesai, acara dilanjutkan dengan penanaman mangrove jenis Avicennia dan Rhizophora di pematang tambak yang berpasir. Keseluruhan acara ditutup dengan penutupan dan foto bersama.