23.9.11

“Ayo Kakak, Bantu Aku Tanam dan Pelihara Mangrove Kita!”

Teluk Awur – KeSEMaTBLOG. Foto di samping ini adalah foto salah satu peserta penanaman dan pemeliharaan mangrove yang diselenggarakan di MECoK Teluk Awur Jepara, di akhir September 2011. Adik kita yang masih duduk di SD ini, terlihat berhasil menanam satu buah bibit mangrove jenis Rhizophora yang ditanamnya di lumpur mangrove yang lembek. Di tengah terik matahari, yang siang itu seolah membakar MECoK, si Kecil seakan tak peduli dan berkata, “Ayo Kakak, bantu aku tanam dan pelihara mangrove kita!”. Dia nampak memohon pertolongan dari kita untuk mau dan lebih memiliki kepedulian yang sama dengan dirinya dengan nasib ekosistem mangrove yang kondisinya semakin hari semakin memprihatinkan.

Di Indonesia, di tahun 2011, menurut Menteri Lingkungan Hidup, sudah 71% hutan mangrove Indonesia rusak. Fakta ini merupakan kabar buruk yang sekaligus mengisyaratkan kepada kita bahwa kita sedang mengalami bencana ekologis terbesar.

Tak terhitung lagi sudah berapa besar kerugian dan derita yang dialami oleh mangrove dan warga pesisir di sekitarnya. Maka, sudah sewajibnya bagi kita untuk membantu si Kecil dan menerusakan pesannya kepada Rekan-rekan di sekitar kita, dengan berkata, “Ayo Kawan, bantu aku tanam dan pelihara mangrove kita!”. Semangat MANGROVER!