26.9.11

KeSEMaT Sukses Selenggarakan Mangrove REpLaNT CSL : Pelatihan Batik Mangrove di Dusun Tapak, Semarang

Tapak – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 24 September 2011, KeSEMaT sukses menyelenggarakan program pendidikan dan konservasi mangrovenya bertajuk Mangrove REpLaNT (MR) : Pelatihan, Penanaman dan Pemeliharaan Mangrove hasil kerjasama dengan Climate Smart Leader (CSL), Jakarta. Program MR CSL ini diselenggarakan sehubungan dengan berhasilnya salah satu KeSEMaTER sebagai finalis CSL. Acara yang dipusatkan di dusun Tapak, Semarang ini, diawali pada pukul 09.00 WIB dengan pembukaan yang diisi dengan sambutan-sambutan, diantaranya dari Sdr. Fuad Ashari (Presiden) yang kemudian diikuti dengan sambutan dari Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (MENPORSI) selaku Ketua Panitia MR CSL.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan presentasi Mari Belajar Mangrove oleh Sdr. Rohimat (staf MENPORSI) yang bertujuan untuk memperkenalkan mangrove kepada para peserta pelatihan yang berjumlah kurang lebih 70 orang, terdiri dari para mahasiswa, KeMANGTEER, LSM, dinas, swasta, warga Tapak, KeSEMaTER dan lain sebagainya. Acara ini selain dihadiri oleh para peserta dari Jawa Tengah, juga dihadiri oleh beberapa rekan kerja KeSEMaT, diantaranya Kelompok Prentjak Tapak, Yayasan Gajah Sumatera dan perwakilan dari CSL, Jakarta.

Setelah presentasi dan diskusi mangrove selesai, acara dilanjutkan dengan presentasi dari Ibu Lulut Sri Yuliani mengenai teknik pembuatan batik mangrove. Para peserta MR CSL nampak antusias dalam mengikuti penjelasan Ibu Lulut yang baru saja meraih penghargaan Kalpataru 2011 dari Presiden Republik Indonesia. Setelah pemaparan materi dan diskusi selesai, acara diteruskan dengan praktek pembuatan batik mangrove. Peserta dibagi menjadi empat kelompok dan mempraktekkan cara membatik mangrove dengan cara jumputan, tanpa canting. Keseluruhan acara ditutup pada pukul 14.00 WIB dengan penyerahan kenang-kenangan dari KeSEMaT kepada Ibu Lulut dan foto bersama. Acara MR CSL masih akan dilanjutkan pada tanggal 2 dan 16 Oktober 2011 untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan bibit mangrove di sekitar pertambakan warga pesisir Tapak, Semarang.