22.9.11

KeSEMaT Dampingi Eco Adventure SD Karangturi Semarang di Mangrove Education Center of KeSEMaT, Teluk Awur, Jepara

Jepara – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 21 September 2011, KeSEMaT yang diwakili oleh para staf, Menteri dan juga para Dewan Penasehat KeSEMaT serta IKAMaT, telah sukses memberikan materi teknik penanaman dan pembibitan mangrove sekaligus melakukan pendampingan penanaman dan pemeliharaan mangrove kepada siswa dan siswi SD Karangturi Semarang pada agenda Mangrove For Kids SD Karangturi Semarang di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) di Teluk Awur, Jepara.

Agenda yang dipersiapkan untuk tujuan pendidikan alam oleh dewan guru SD Karangturi Semarang ini, diikuti oleh lebih dari 100 siswa-siswi, 20 dewan guru dan 12 dosen dari Universitas Pandanaran (UNPAND) Semarang yang tergabung dalam Kelompok Peduli Lingkungan Pesisir UNPAND.

Acara yang dibuka langsung oleh Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (MENPORSI) di asrama mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP, Teluk Awur Jepara ini, berlangsung sangat meriah. Dalam agenda ini, Praktisi Kelompok Peduli Lingkungan Pesisir UNPAND memberikan materi tentang “Mari Belajar Mangrove”. Setelah itu, para Praktisi Mangrove KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Windy Indra Ardiansyah, memberikan materi tentang “Teknik Penanaman dan Pemeliharaan Mangrove”, dimana pada materi tersebut para siswa-siswi SD diberikan materi pembekalan untuk melakukan kegiatan penanaman dan pemeliharaan mangrove.

Pada acara penanaman dan pemeliharaan mangrove yang dilakukan di MECoK, acara diikuti oleh dewan guru, UNPAND dan semua siswa-siswi Karangturi. Acara dipimpin langsung oleh KeSEMaT. Bibit mangrove yang ditanam dan dipelihara adalah dari jenis Rhizophora mucronata, kurang lebih 400 bibit. Acara ditutup dengan bersih diri di Pantai Teluk Awur dan foto bersama.