19.9.11

KeSEMaT dan KKMD Jateng Melakukan Monitoring dan Evaluasi di Pesisir Kabupaten Pati

Pati - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 12 September 2011, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo (Direktur Eksekutif) dan Bapak Rudhi Pribadi (Pembimbing) bersama dengan KKMD Jateng melakukan monev di pesisir Pati, yaitu Kecamatan Dukuh Seti.

Monev ini adalah monev lanjutan yang telah dilakukan KeSEMaT dan KKMD Jateng beberapa waktu yang lalu untuk memantau perkembangan pembentukan KKM di Kabupaten Pati dan melihat kondisi pesisir Pati yang dilaporkan terindikasi mengalami kerusakan yang cukup mengkhawatirkan.

Monev diawali dengan kunjungan dan diskusi di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Kehutanan Kabupaten Pati, yang kemudian dilanjutkan dengan monev ke lapangan. Monev dilakukan di tiga tempat, yaitu Desa Banyutowo, Sumurtowo dan Puncel, Kecamatan Dukuh Seti.

Monev dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan tokoh masyarakat sekitar tentang kondisi lingkungannya. Di ketiga lokasi terlihat adanya dampak abrasi pantai dan sedimentasi terhadap lahan di sepanjang pesisir Pati.