23.9.11

KeSEMaT, Universitas Pandanaran dan SD Karangturi Semarang Tanam dan Pelihara Mangrove Bersama di MECoK Jepara

Teluk Awur – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 21 September 2011, mulai pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB, KeSEMaT bersama dengan Universitas Pandanaran Semarang dan SD Karangturi Semarang, telah melakukan program tanam dan pelihara mangrove bersama di kawasan Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) di Teluk Awur, Jepara. MECoK yang termasuk dalam salah satu hutan kota di Jepara ini, di hari itu penuh sesak dengan ratusan peserta penanaman dan pemeliharaan mangrove dalam program Eco Adventure SD Karangturi.

Kurang lebih 400 bibit mangrove dari jenis Rhizophora telah ditanam untuk menyulami bibit mangrove yang layu dan mati. Kegiatan pemeliharaan seperti ini, rutin dilakukan oleh KeSEMaT dan beberapa mitra kerjanya di MECoK dengan tujuan untuk menjaga kelulushidupan bibit mangrove di hutan mangrove yang sepuluh tahun lalu (2001), gersang bagaikan lapangan bola, ini.

Peserta pemeliharaan mangrove yang juga terdiri dari para murid SD Karangturi ini, nampak bersemangat, menyiangi tumbuhan pengganggu, membetulkan ajir bambu yang roboh dan menanam kembali bibit mangrove yang baru di lumpur untuk membantu KeSEMaT dalam merehabilitasi kawasan mangrove di Pantai Teluk Awur. Di akhir acara, KeSEMaT memberikan bingkisan souvenir mangrove kepada para mitra kerjanya, sebagai rasa terima kasihnya. Semangat MANGROVER!