7.9.11

GRATIS! Pendaftaran Mangrove REpLaNT : Penanaman, Pembibitan, Penyulaman Mangrove dan Pelatihan Membuat Pewarna Batik Alami yang Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini diumumkan kepada masyarakat umum, bahwa KeSEMaT membuka pendaftaran bagi para sukarelawan mangrove, untuk turut serta membantu KeSEMaT dalam rangka program Mangrove REpLaNT : Penanaman, Pembibitan, Penyulaman Mangrove dan Pelatihan Membuat Pewarna Batik Alami yang Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Mangrove. Syarat dan ketentuan bisa dicermati di keterangan di bawah ini.

LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia khususnya Pantai Utara Jawa sudah dalam tingkatan yang mengkhawatirkan. Kondisi ini sebagian besar diakibatkan oleh penebangan mangrove untuk area pertambakan dan keperluan lainnya. Kerusakan-kerusakan ini pada dasarnya disebabkan oleh ketidakpedulian sebagian masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove demi kelangsungan sumberdaya daerah pesisir. Pada umumnya, mereka lebih mementingkan keuntungan sesaat tanpa memikirkan kelangsungan kelestarian alam.

Batik merupakan salah satu warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang membanggakan, karena sudah diakui oleh dunia sebagai warisan asli bangsa Indonesia. Namun dalam membuat batik itu sendiri masih menggunakan bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan. Contohnya pada pewarna batik. Saat ini sebagian besar perajin batik di Indonesia, masih menggunakan zat warna kimia untuk mewarnai batik itu sendiri. Hal ini sangat tidak baik untuk lingkungan, terutama sumber air. Zat pewarna kimia ini bisa mencemari sungai dan sumber air lainnya, yang mengakibatkan air sungai tidak bisa dipakai lagi untuk keperluan sehari-hari.

Atas dasar-dasar tersebut di atas, maka kami bekerjasama dengan KeSEMaT menyelenggarakan Mangrove REpLaNT (MR): Penanaman, Pembibitan, Penyulaman Mangrove dan Pelatihan Membuat Pewarna Batik Alami yang Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Mangrove dalam rangka menjaga kelestarian dan menumbuhkembangkan rasa kepedulian mahasiswa dan generasi muda tentang arti pentingnya ekosistem mangrove. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya Indonesia dalam hal ini batik dengan cara mengadakan pelatihan penggunaan pewarna batik alami berbahan dasar mangrove, yang ramah lingkungan.

TUJUAN UMUM
Meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya ekosistem mangrove, memberikan pengetahuan tentang tata cara membibitkan, menanam, merawat dan menjaga kelangsungan ekosistem mangrove, memberikan wawasan tentang manfaat pengolahan hasil ekosistem mangrove dan memberikan pelatihan pembuatan pewarna batik alami berbahan dasar mangrove yang ramah lingkungan.

TUJUAN KHUSUS
1. Meningkatkan kesadaran peserta atas pentingnya ekosistem mangrove.
2. Memberikan pelatihan peserta tentang tata cara membibitkan, menanam, merawat dan menjaga kelangsungan ekosistem mangrove.
3. Memberikan wawasan tentang manfaat pengolahan hasil ekosistem mangrove.
4. Memberikan pelatihan pembuatan pewarna batik alami berbahan dasar mangrove yang ramah lingkungan.

ACARA PELATIHAN
Agenda I : Pelatihan Membuat Pewarna Batik Alami Yang Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Mangrove Agenda II : Pembibitan dan Penanaman Mangrove
Agenda III : Monitoring dan Penyulaman Mangrove

DESKRIPSI KEGIATAN
1. Agenda I : Pelatihan Membuat Pewarna Batik Alami Yang Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Mangrove akan dilaksanakan di kediaman warga pesisir Tapak Semarang, pada hari Sabtu, 24 September 2011 dalam format diskusi panel di dalam ruangan yang kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan oleh Praktisi dari Komunitas Wanita Pesisir Griya Karya Tiara Kusuma Surabaya.
2. Agenda II : Pembibitan dan Penanaman Mangrove akan dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Oktober 2011 . Kegiatan ini akan dilakukan bersama-sama oleh peserta, panitia dan masyarakat di areal tambak Tapak, Semarang.
3. Agenda III : Monitoring dan Penyulaman Mangrove. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Oktober 2011. Kegiatan ini akan dilakukan bersama-sama oleh peserta, panitia dan masyarakat di areal tambak Tapak, Semarang setelah dua minggu pasca penanaman. Bila ternyata ada mangrove dengan kelulushidupan yang rendah, maka akan diadakan kegiatan penyulaman mangrove.

DESKRIPSI ACARA
TRAINER PELATIHAN MEMBUAT PEWARNA BATIK ALAMI BERBAHAN DASAR MANGROVE
Praktisi Komunitas Wanita Pesisir Griya Karya Tiara Kusuma Surabaya

TRAINER PELATIHAN PEMBIBITAN, PENANAMAN, DAN PENYULAMAN
Praktisi Mangrove KeSEMaT Semarang

PESERTA
PERSYARATAN DAN PERATURAN PESERTA
1. Program MR adalah gratis. Calon Peserta MR tidak akan dikenakan biaya apapun.
2. Peserta MR adalah para Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat umum dari seluruh Indonesia, dikhususkan untuk daerah Semarang dan sekitarnya.
3. Pendaftaran calon Peserta MR dimulai dari tanggal 7 - 20 September 2011.
4. Calon Peserta MR, dipersilahkan untuk langsung mengisi Formulir Pendaftaran MR di Kantor KeSEMaT, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang Jawa Tengah INDONESIA. P. (024) 70527552 F. (024) 7474698 E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id.
5. Akomodasi dan transportasi dibebankan sepenuhnya kepada para Peserta MR.
6. Peserta MR dibatasi hingga 30 orang peserta saja.
7. Peserta MR akan mendapatkan fasilitas berupa sertifikat, pin KeMANGTEER dan konsumsi.
8. Technical meeting akan dilaksanakan pada hari Rabu, 21 September 2011, pukul 16.00 WIB – 18.00 WIB di Kantor KeSEMaT Semarang.
9. Peserta MR diwajibkan untuk mematuhi tata tertib dan jadwal kegiatan yang diberikan oleh Panitia MR pada saat melakukan pendaftaran.
10. Sertifikat MR HANYA AKAN diberikan kepada Peserta MR yang mengikuti minimal dua Agenda di rangkaian acara MR.
11. Sertifikat MR akan diberikan oleh Panitia MR setelah acara Penyulaman Mangrove di desa Tapak, Semarang.

PENDAFTARAN
Sehubungan dengan konsep MR yang difokuskan untuk area Semarang dan sekitarnya, maka panitia MR tidak melayani pendaftaran secara online. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 7 – 20 September 2011, dan bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke Kantor KeSEMaT di Semarang dengan alamat, sebagai berikut :

KANTOR KeSEMaT
Kantor KeSEMaT
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50275
Jawa Tengah INDONESIA
P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

Cara Pendaftaran : Formulir pendaftaran MR yang telah diisi dengan lengkap, diserahkan kembali kepada Panitia MR. Selanjutnya, panitia akan memberikan (1) susunan acara, (2) tata tertib, (3) surat pernyataan kesanggupan dan informasi lainnya.

NOMOR REKENING
Donatur dan sponsorship dapat dilakukan melalui proses transfer bank ke nomor rekening:
A.N. : Rina Setyowati S. (Bendahara MR 2011)
Nomor Rekening : 136 00 0667281 7
Bank : Mandiri Cabang UNDIP Tembalang Semarang

KONTAK
Segala korespondensi berkenaan dengan MR, bisa dilayangkan kepada:

Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan
Menteri Pengembangan Organisasi (MENPORSI)
HP. 085691092678

Sdr. Tangguh Gilang P.W.
Menteri Website dan Internet (MENWEBNET)
HP. 085641437657

KANTOR KeSEMaT
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50275
Jawa Tengah INDONESIA
P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKK) di bawah Jurusan Ilmu Kelautan FPIK UNDIP Semarang.

PENUTUP
Demikian TOR ini kami susun, sebagai bahan acuan demi suksesnya acara MR. Atas perhatian dan kerjasama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.