14.3.13

KEREN, KeSEMaT Pembicara Simposium Mangrove ASEAN!

Surabaya - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 28 Februari 2013, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Tangguh Gilang P. W. (IKAMaT) telah menjadi pembicara di acara Regional Symposium on Mangrove Ecosystem Management in Southeast Asia : Mainstreaming Mangroves yang diadakan di Surabaya, Jawa Timur. Acara ini merupakan kerjasama antara Kementerian Kehutanan Republik Indonesia, Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Pemerintah Kota Surabaya.

Pada kesempatan ini, KeSEMaT mempresentasikan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program rehabilitasi di Kabupaten Brebes dan Jepara, Jawa Tengah. Keberhasilan suatu rehabilitasi mangrove tidak hanya dilihat dari kesesuaian lahan dan bibit mangrove yang ditanam, akan tetapi juga dari keaktifan masyarakat dan komunitasnya, yang turut serta memelihara dan me-monitoringnya. Acara diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab.

Tak hanya menjadi pembicara saja, KeSEMaT juga diminta pihak panitia untuk mengisi stand pameran. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT menampilkan produk mangrove andalannya, yaitu Jajajanan Mangrove dan Batik Bakau, yang mendapat sambutan hangat, dari para delegasi ASEAN.