14.3.13

ASEAN Mangrove Network Dibentuk di Surabaya!

Surabaya - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 28 Februari 2013, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Tangguh Gilang PW. (IKAMaT), Sdr. Cahyadi Adhe K. (IKAMaT), Sdri. Sayyidah Fatchiyah (DP) dan Sdri. Vera Chandra (MENPUSMAT) telah menghadiri acara Regional Symposium on Mangrove Ecosystem Management in Southeast Asia : Mainstreaming Mangroves yang diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur. Acara ini merupakan kerjasama antara Kementerian Kehutanan Republik Indonesia, Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Pemerintah Kota Surabaya.

Acara ini dihadiri oleh pemangku kebijakan, peneliti, akademisi, komunitas dan masyarakat tani yang memiliki kepentingan di bidang mangrove. Adapun tujuan dari acara ini adalah untuk membentuk ASEAN Mangrove Network (AMNet).

Acara dibuka dengan pembukaan dan sambutan dari Chairman of Organizing Committee dan diresmikan oleh Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Setelah acara pembukaan dan peresmian, acara dilanjutkan dengan keynote speech dari Dr. Hilman Nugroho (Kementerian Kehutanan), Dr. Demetrio L. Ignacio Jr. (Executive Director of ASEAN Center for Biodiversity) dan Prof.Dr.Rochmin Dahuri (Former Minister for Marine Affairs and Fisheries).

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan foto bersama, diskusi panel antar negara se-ASEAN dan diakhiri dengan tanya jawab. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT dipercaya sebagai pembicara dan pengisi stand pameran, untuk memberikan informasi kepada para penggiat mangrove di negara-negara ASEAN mengenai perkembangan informasi-mangrove-terbaru di Indonesia, terutama di pesisir Pantai Utara Jawa, sebagai salah satu area kerja KeSEMaT.