15.3.13

Penggiat Mangrove se-Jateng, Rakor Bersama di Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 13 Maret 2013, KeSEMaT menghadiri Rapat Koordinasi (RAKOR) Mangrove di Kantor Dinas Kehutanan (DINHUT) Provinsi Jawa Tengah. RAKOR dihadiri oleh berbagai instansi dan stakeholder terkait dalam pelestarian mangrove di Jawa Tengah, mulai dari DINHUT di seluruh Pantura, Kodam IV Diponegoro, LSM, akademisi dan lain sebagainya. Kali ini KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Ganis Riyan Efendi (DP) dan Sdr. Aditya Sukma Bahari (MENPORSI).

Kegiatan diawali dengan pemaparan singkat tentang kegiatan BPHM Wilayah I yang diwakili oleh Bapak Murdoko, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai penanaman mangrove yang disampaikan oleh Bapak Leksono Wibowo yang merupakan praktisi mangrove dari Jawa Timur dan pelopor program penanaman mangrove di daerah lumpur LAPINDO, Porong Sidoarjo.

Penyampaian materi selanjutnya, adalah tentang Pengembangan Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Mangrove Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Pesisir yang disampaikan oleh Ibu Nana Kariada dan Penjelasan PP No. 73 Tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pengolahan Ekosistem Mangrove yang dipaparkan oleh DINHUT Jawa Tengah.

Tujuan diadakannya RAKOR Mangrove kali ini adalah untuk mempererat hubungan antar instansi dan stakeholder mangrove yang ada di Jawa Tengah serta melakukan fungsi kontrol atas berbagai kegiatan pelestarian mangrove di seluruh Jawa Tengah. Keseluruhan acara berlangsung dengan baik dan lancar yang ditutup dengan beberapa rekomendasi dan kesimpulan, serta foto bersama.