8.3.13

Press Release MANGROVER CILIK – MANGCIL : Bermain dan Belajar Mangrove

I. JUDUL KEGIATAN
Mangrover Cilik (MANGCIL) 2013 : Pendidikan Karakter Lingkungan, Pengajaran Mangrove, Lomba Menggambar mangrove, Lomba Mewarnai Mangrove, Mendongeng Mangrove, Kuis Mangrove dan Permainan Mangrove di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al – Hidayah Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

II. PELAKSANA KEGIATAN
Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT) Kantor KeSEMaT Semarang: Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50263 Jawa Tengah – Indonesia P. +622470527552 F. +62247474698 E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id CP. Kamto Wahyono (Dewan Penasihat KeSEMaT) (+6285721822151)

III. JADWAL KEGIATAN
9 Maret 2013

IV. MITRA KEGIATAN
KeSEMaT dalam kegiatan ini bekerja sama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Mangroves For the Future (MFF).

V. LATAR BELAKANG
Indonesia memiliki hutan mangrove yang terluas di dunia dan juga memiliki keanekaragaman hayati yang terbesar serta strukturnya paling bervariasi. Warisan alam yang sangat luar biasa ini memberikan tanggung jawab yang besar bagi bangsa Indonesia untuk melestarikannya, sekaligus memberikan kesempatan yang berharga bagi mereka yang bermaksud untuk mempelajari dan menikmati hutan mangrove ini.

Hutan mangrove merupakan ekosistem yang khas yang terdapat di daerah pantai tropis. Hutan mangrove mengandung sumber daya alam yang sangat melimpah dalam hal nilai ekonomis serta fungsi ekologisnya. Fungsi hutan mangrove yang sangat penting adalah sebagai pencegah abrasi, pencegah intrusi air laut, tempat perkembangbiakan flora dan fauna sehingga hutan mangrove senantiasa harus selalu dijaga kelestariannya. 

Pengelolaan hutan mangrove sangat dibutuhkan untuk mempertahankan keutuhan hutan mangrove. Rehabilitasi kawasan hutan mangrove yang telah rusak serta melakukan perbaikan kualitas suatu kawasan pesisir dapat dilakukan dengan jalan menanam bibit dan memelihara mangrove di kawasan tersebut. Untuk itu diperlukan generasi muda yang berkualitas yang memiliki semangat rehabilitasi mangrove yang tinggi, semenjak dini.

Atas dasar pemikiran tersebut, maka KeSEMaT, FPIK UNDIP dan MFF mengadakan suatu kegiatan, yaitu MANGCIL 2013 yang bertujuan untuk memberikan pengertian, penjelasan, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada siswa-siswi MI Al-Hidayah di Mangunharjo, Kota Semarang.

VI. TUJUAN UMUM
Sarana untuk menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove, umumnya di kalangan pelajar, khususnya kepada pelajar Sekolah Dasar di Mangunharjo, Semarang.

VII. TUJUAN KHUSUS
1. Memberi pengertian dan penjelasan mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar Sekolah Dasar Mangunharjo, Semarang.
2. Memberi pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar Sekolah Dasar Mangunharjo, Semarang.
3. Memberi pengertian tentang manfaat ekosistem mangrove kepada pelajar Sekolah Dasar Mangunharjo, Semarang.
4. Mengetahui daya serap dan tingkat kepedulian siswa terhadap pengajaran mangrove yang telah diberikan, melatih kreativitas, serta mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama pengajaran melalui Kegiatan Tanam Mangrove.

VIII. DESKRIPSI KEGIATAN
MANGCIL 2013 merupakan kegiatan pembentukan karakter lingkungan dan pengajaran ekosistem mangrove kepada siswa-siswi MI Al-Hidayah di Mangunharjo, Semarang. Kegiatan ini dilakukan di dalam ruang kelas, acara dikemas dalam bentuk permainan dan pembelajaran tentang mangrove.

Acara diawali dengan pembukaan, yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan atau pemberitahuan pertama disampaikan oleh perwakilan dari bapak atau ibu guru MI Al-Hidayah, sambutan kedua disampaikan oleh panitia kegiatan dan sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh perwakilan dari FPIK UNDIP.

Acara ini dimulai pada pukul 07.30 – 10.30 WIB yang terdiri dari beberapa rangkaian acara sesuai dengan kelasnya masing-masing. Untuk kelas I (satu) sampai dengan kelas III (tiga) atau disebut dengan Grup I, akan dibentuk kelompok belajar mangrove yang kemudian dibacakan dongeng mangrove yang dibantu dengan permainan dalam bentuk alat peraga mangrove.

Pengajaran dilanjutkan dengan kuis dan lomba mewarnai mangrove. Akan diambil juara I, II dan III yang akan memperebutkan hadiah menarik berupa paket peralatan sekolah yang telah disediakan oleh panitia. 

Sementara untuk kelas IV (empat) sampai dengan kelas VI (enam) atau Grup II, akan diberikan pemaparan materi berupa presentasi “Mari Bermain dan Belajar Mangrove”, dimana presentasi tersebut berupa materi mengenai ekosistem mangrove secara umum, baik pengertian mangrove, manfaat mangrove dan fungsi mangrove dan apa saja yang hidup di ekosistem mangrove yang akan disampaikan oleh praktisi mangrove KeSEMaT.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan kuis dan lomba menggambar mangrove. Akan diambil juara I, II dan III yang akan memperebutkan hadiah menarik berupa paket peralatan sekolah yang telah disediakan oleh panitia.

Penyerahan hadiah pemenang Lomba Gambar Mangrove dan Lomba Mewarnai Mangrove serta penyerahan kenang-kenangan kepada MI Al-Hidayah akan diberikan di halaman sekolah yang disaksikan oleh semua murid MI Al-Hidayah, Mangunharjo, Semarang.

Kuis mangrove, lomba mewarnai mangrove dan lomba menggambar mangrove ini merupakan salah satu kegiatan aplikatif mangrove yang dilakukan oleh siswa-siswi yang telah mendapatkan materi dan pengetahuan baru tentang mangrove.

Hasil dari lomba gambar mangrove ini akan dipublikasikan di Website Ilmu Kelautan UNDIP, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP dan KeSEMaT. Acara ditutup dengan pemberian kenang–kenangan kepada sekolah MI Al-Hidayah yang dilanjutkan dengan foto bersama.

IX. PESERTA
Jumlah peserta pada kegiatan ini berjumlah 175 murid yang terdiri dari semua murid kelas I sampai dengan kelas VI MI Al-Hidayah, Mangunharjo, Semarang.

X. KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MANGCIL 2013 bisa ditujukan kepada:
Sdr. Kamto Wahyono (Dewan Penasihat KeSEMaT)
M. (+62) 85721822151 P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan di bawah Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang. Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silahkan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id

XI. PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian generasi muda akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih.