18.4.14

Tanam 5000 Bibit Mangrove, Mangrove Restoration 2014 Meriah!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada acara puncak Mangrove Restoration (MANGRES) 2014 : Mangrove Fantasy (MF), KeSEMaT telah melaksanakan tahapan penanaman mangrove jenis Rhizophora dan Bruguiera, pada tanggal 12 April 2014. Kegiatan ini diawali dengan berkumpul di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Diponegoro (UNDIP), Tembalang, pada pukul 06.30 WIB.

Pada pukul 08.00 WIB, rombongan peserta dan panitia MF berangkat ke lokasi penanaman, dengan menggunakan dua buah bus. Lokasi penanaman mangrove bertempat di Desa Tambak Lorok, Semarang.

Setelah tiba di lapangan, acara dibuka dengan sambutan dari Ketua MANGRES 2014, yaitu Sdri. Amalia Dewi (MENKOMSI), kemudian dilanjutkan sambutan dari Sdr. Dinuarca Endra Wasistha selaku Presiden KeSEMaT dan sambutan dari Ketua Kelompok Tani Syukur Lestari Alam (Syulam) yang diwakilkan oleh Bapak Agus.

Pada acara tersebut, KeSEMaT beserta mitra kerja, dibantu oleh Kelompok Syulam, Tambak Lorok, yang membantu dalam proses pemeliharaan bibit mangrove, setelah program penanaman selesai dilaksanakan.

Pada penanaman mangrove kali ini, telah ditanam dan dipelihara 5000 bibit mangrove jenis Bruguiera dan Rhizophora, yang merupakan sumbangan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah.

Acara berlangsung sangat meriah, yang melibatkan kurang lebih seratus sukarelawan mangrove KeSEMaT - KeMANGTEER dari berbagai latar belakang, yang merupakan peserta MANGRES 2014.

Semoga, acara penanaman MF 2014 ini dapat menambah wawasan para peserta dan warga sekitar, bahwa menjaga dan melestarikan mangrove sangatlah penting, karena mangrove merupakan jenis tanaman yang sangat bermanfaat dalam menjaga bumi dari kerusakan.

Acara penanaman ini berjalan dengan baik dan lancar, yang ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari KeSEMaT kepada Kelompok Syulam dan foto bersama. Semangat MANGROVER!