11.5.14

Kelola Mangrove, DISHUTBUN Banyuasin Sumatera Selatan, Kunjungi KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 8 Mei 2014, Bapak Arif dan Bapak Iwan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan (DISHUTBUN) Kabupaten Banyuasin, Palembang, Sumatera Selatan yang ditemani oleh Bapak Ikhsan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, telah mengadakan kunjungan kerja ke Kantor KeSEMaT.

Kunjungan kerja ini adalah dalam rangka survei pelaksanaan kegiatan peningkatan perekonomian masyarakat dengan cara pelestarian mangrove dan pemberdayaan mangrove secara ekonomis, yang rencananya akan mulai dilakukan di Kabupaten Banyuasin.

Dalam kesempatan ini, rombongan diterima langsung oleh Sdr. Dinuarca E. W. (Presiden) dan Sdr. Amrullah R. (DP), yang membicarakan banyak hal mengenai konsep pemberdayaan ekonomi masyarakat yang telah dilakukan oleh KeSEMaT, diantaranya melalui pembentukan kelompok batik mangrove (Batik Bakau) dan jajanan mangrove (Mas Jamang).

Dari hasil pembicaraan ini, dalam beberapa waktu ke depan, diagendakan kegiatan Studi Banding dari DISHUTBUN Banyuasin ke Kelompok Warga Binaan KeSEMaT, yang berlokasi di Mangkang Wetan dan Mangunharjo, Semarang untuk mengetahui konsep pembinaan masyarakat di daerah pesisir dan mangrove, sekaligus melihat secara langsung proses pembuatan Batik Bakau dan Mas Jamang.

Dengan studi banding nanti, diharapkan warga pesisir di Banyuasin, juga akan mampu berdikari dan mandiri dalam menyelamatkan ekosistem mangrove di pesisirnya, untuk menjaga kelestariannya di masa mendatang.

Kegiatan kunjungan ini berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup dengan beberapa rekomendasi kerjasama antar dua instansi, dan foto bersama.