24.5.14

KeSEMaT Mengajar Mangrove di SMP YSKI, Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 2 Mei 2014, mulai pukul 08.00 – 10.00 WIB, KeSEMaT melakukan pengajaran mangrove kepada siswa/i SMP Yayasan Sekolah Kristen Indonesia (YSKI) Semarang. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Sapto Pamungkas, S.Kel. (DK), Sdr. Amrullah Rosadi (DP), dan Sdri. Nur Fitriana Haryanto (MENSEK).

Kegiatan dilakukan di Smart Class, dengan jumlah peserta 20 siswa/i kelas khusus, yaitu siswa/i yang memiliki IQ diatas rata – rata. Pengajaran dimulai dengan presentasi pengenalan mangrove yang dibawakan oleh Sdri. Nur.

Dalam presentasinya, dia menjelaskan mengenai ekosistem mangrove, pemanfaatan, dan kondisi mangrove saat ini yang notabene telah banyak yang rusak karena campur tangan manusia yang tidak bijak dalam memanfaatkannya. Terlihat peserta sangat antusias dalam mengikuti pengajaran ini.

Salah satu siswa menanyakan tentang peranan mangrove dalam melindungi pesisir dari bencana. Dari pertanyan tersebut timbul diskusi interaktif mengenai perakaran mangrove yang dapat menangkap sedimen sehingga dapat mengurangi energi gelombang yang menggerus pantai.

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup dengan beberapa kesimpulan dan foto bersama. Semoga saja dengan pengajaran ini, maka akan semakin banyak generasi muda yang peduli akan peran penting mangrove bagi kehidupan kita. Amin. Salam MANGROVER!