11.5.14

KeSEMaT Ikuti Bintek Budidaya Tanaman Kehutanan di Tuban, Jember dan Bondowoso

Tuban - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 6 - 9 Mei 2014, KeSEMaT telah mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) Budidaya Tanaman Kehutanan “Kegiatan Pembinaan Pengendalian dan Pengawasan Gerakan Rehabilitasi Hutan dan Lahan” ke Tuban dan Jember yang diadakan oleh Dinas Pertanian Kota Semarang.

Bintek ini, dilakukan dalam rangka menggali informasi dan manajemen pengelolaan ekosistem mangrove di Mangrove Center (MC) Tuban dan pengelolaan ekosistem hutan di KPH Jember, untuk bisa diadopsi dan diimplementasikan di Kota Semarang dan sekitarnya.

Kegiatan ini juga diikuti oleh para kelompok masyarakat, mahasiswa, LSM dan dinas pemerintahan, diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang, BAPPEDA Kota Semarang, Badan Lingkungan Hidup Kota Semarang, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Pemali Jratun, KeSEMaT, dan Kelompok Tani Mangrove dan Kelompok Tani Hutan yang ada di Semarang.

Kegiatan diawali dengan ramah tamah antara Dinas Pertanian Kota Semarang dengan Pengelola Mangrove Center Tuban yang diisi dengan diskusi dan tukar informasi mengenai program kerja dan strategi pengelolaan dan konsep pembangunan ekosistem mangrove di wilayah kerja masing-masing.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan menyusuri hutan mangrove di MC Tuban. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Kebun Persemaian RPH Garahan BKPH Sempolan, KPH Jember.

Dalam kunjungan ini, diisi dengan diskusi dan tukar informasi mengenai stek pucuk jati serta praktik dalam menyemai pusuk jati tersebut. Kunjungan selanjutnya adalah ke Hutan Sonokeling KPH Bondowoso.

Dari kegiatan ini, diharapkan akan muncul sebuah rekomendasi bersama untuk bisa lebih meningkatkan kinerja Dinas Pertanian Kota Semarang, dalam turut serta membangun ekosistem hutan dan ekosistem mangrove di Kota Semarang dan sekitarnya.