6.9.16

KeSEMaT Trainer Pelatihan Pengolahan Makanan Mangrove di Muara Gembong, Bekasi

Bekasi - KeSEMaTBLOG. Bersama dengan Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (CEO Batik Bakau dan Mas Jamang), KeSEMaT yang diwakili Sdri. Nurul Ulfah (staf MENKEU) menjadi Trainer di program Pelatihan Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Mangrove di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

 Peserta pelatihan ini adalah Bapak-bapak warga pesisir yang memiliki usaha rumahan di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi dengan tujuan untuk menjadikan mangrove sebagai salah satu bahan dasar makanan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mata pencaharian warga sehingga tidak terbuang begitu saja.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh PERTAMINA Bekasi dan Yayasan IKAMaT karena melihat potensi mangrove yang terdapat di Kabupaten Bekasi, khususnya di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong yang beragam dan belum diperhatikan dan dimanfaatkan secara optimal.

Pada pelatihan ini, jenis masakan yang diolah, diantaranya adalah kue cubit mangrove dan es cendol mangrove. Kegiatan ini diadakan pada hari Senin, 29 Agustus 2016 dan dimulai pada pukul 10.00 - 13.00 WIB.

Jenis mangrove yang digunakan pada Pelatihan Pemanfaatan Makanan Berbahan Dasar Mangrove, yaitu Bruguiera gymnorrhiza atau yang biasa disebut “Lindur”.

Mengingat di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong buah ini sulit didapatkan, maka kemungkinan pengembangannya di masa depan sangat memungkinkan, mengingat terdapat pioneer jenis ini yang ditemukan tumbuh baik di sekitar lokasi.

Warga Desa Pantai Mekar biasanya menyebut buah ini sebagai “Mangrove Nasi.”

Pada saat pelatihan berlangsung, peserta sangat antusias untuk mengikuti pelatihan yang diberikan.

“Saya sangat senang dengan adanya pelatihan seperti ini, karena dapat memberikan wawasan yang luas kepada warga Desa Pantai Mekar ini, khususnya. Kami berharap, supaya ada pelatihan-pelatihan berikutnya dan dapat memberikan inovasi-inovasi baru yang diberikan kepada warga kami,” ungkap salah satu perangkat daerah setempat.

Semoga saja, dengan kehadiran KeSEMaT di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi ini, maka warga di sini dapat lebih mendapatkan inovasi baru mengenai pemanfaatan pengolahan makanan berbahan dasar mangrove, dan dapat merasakan manfaat dari mangrove itu sendiri, terutama dari segi ekonomi," pungkas Sdri. Ulfah. (APA).