27.9.16

KeSEMaTCOMPETITION 2016: Lomba Desain Kartu Pos dan Infografis Bertema Mangrove Savior of The Earth

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diumumkan kepada masyarakat umum bahwa KeSEMaT kembali menggelar ajang kompetisi tahunannya, yaitu KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2016. Kali ini, KC 2016 bertema Mangrove Savior of The Earth yang akan memperebutkan paket hadiah menarik, berupa produk dari Industri Mangrove Kreatif KeSEMaT, diantaranya Mas Jamang (Kuliner Mangrove) dan Mangrover ID (Clothing Mangrove), juga plakat, piagam penghargaan dan lain-lain. Bagi yang tertarik mengikuti kompetisi ini, dipersilahkan untuk mencermati keterangan di bawah ini.

TERM OF REFERENCES (TOR) - KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2016: LOMBA DESAIN KARTU POS DAN INFOGRAFIS BERTEMA MANGROVE SAVIOR OF THE EARTH - KELOMPOK STUDI EKOSISTEM MANGROVE TELUK AWUR (KeSEMaT)

I. JUDUL KEGIATAN
KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2016: Lomba Desain Kartu Pos dan Infografis Bertema Mangrove Savior of The Earth

II. PELAKSANA KEGIATAN
Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT)
Kantor KeSEMaT Semarang:
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50263
Jawa Tengah-Indonesia
P. +6285 103527552
F. +622 7474698
CP. Kharistini Rizki +6282 341830581
E. kesemat@undip.ac.id
W. www.kesemat.undip.ac.id

III. DURASI KEGIATAN
Tiga (3) minggu, tanggal 27 September–15 Oktober 2016

IV. MITRA KEGIATAN
KeSEMaT dalam kegiatan ini bekerja sama dengan Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Donatur, dan Sponsorship.

V. LATAR BELAKANG
Mangrove merupakan tumbuhan pesisir yang memiliki peranan sangat penting bagi ekosistem pesisir. Beberapa fungsi mangrove yang penting antara lain adalah sebagai tempat berpijah, beranak pinak, dan pembesaran anak bagi fauna pesisir, pencegah abrasi, penjebak polutan, pereduksi gelombang tsunami, ekowisata, pencegah intrusi air laut, pengendali banjir, dan lain-lain.

Manfaat mangrove yang begitu besar, telah berperan serta dalam menunjang kehidupan manusia dan lingkungannya. Namun demikian, manfaat yang sedemikian besar tersebut, seringkali terlupakan, bahkan menjadi terancam karena pemanfaatan mangrove yang tidak ramah lingkungan.

Penebangan mangrove, pembangunan pertambakan, pendirian perusahaan komersil, reklamasi lahan, pengurukan laut, dan usaha destruktif lainnya untuk merubah habitat mangrove menjadi sebuah lahan komersil telah mengancam kelestariannya di masa mendatang. Kerusakan mangrove telah terjadi di sebagian besar pesisir di Indonesia bahkan dunia.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh masyarakat, swasta, dan pemerintah untuk mengembalikan fungsi ekologis mangrove seperti sediakala. Beragam program rehabilitasi mangrove tersebut telah dilaksanakan setiap waktu, namun demikian belum menunjukkan hasil yang maksimal karena tingkat kerusakan ekosistem mangrove yang cukup tinggi.

Dengan memahami kenyataan yang ada, maka diperlukan kerjasama lintas sektoral dengan multi stake holder untuk mengendalikan laju kerusakan ekosistem mangrove yang telah terjadi sekarang ini. Berbagai kalangan diharapkan dapat menyumbangkan perannya dalam turut serta menjaga dan melestarikan mangrove, yang terbukti sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dimasa sekarang dan akan datang.

Konsep pelestarian mangrove bottom up, dan bukan top down, yang berarti inisiasi pertama dilakukan oleh masyarakat, dan bukan pemerintah, telah di uji coba oleh beberapa individu dan komunitas, seperti organisasi mahasiswa, kelompok tani, dan swasta yang terbukti telah mampu mengembalikan lahan mangrove kepada kondisi semula sehingga mampu berfungsi kembali dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir.

Melalui KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2016: Lomba Desain Kartu Pos dan Infografis Bertema Mangrove Savior of The Earth, KeSEMaT melalui salah satu departemennya, yaitu Departemen Perpustakaan KeSEMaT (DEPUSMAT) mencoba untuk lebih menggali potensi masyarakat, khususnya generasi muda yang merupakan agen utama dalam perubahan.

Kaum muda Indonesia, baik sebagai individu, dan komunitas yang peduli dengan mangrove bisa jadi berjumlah ribuan. Pergerakan kaum muda, dan komunitasnya dalam rangka turut serta melestarikan ekosistem mangrove di sekitarnya adalah salah satu hal yang wajib dihargai dan mendapatkan perhatian yang lebih, sehubungan dengan konsep bottom up di atas.

Untuk itu, dalam KC 2016 ini karya-karya mangrove yang dikirimkan adalah berupa ide kreatif generasi muda dalam bentuk desain kartu pos dan infografis.

KeSEMaT memiliki harapan agar budaya sopan santun dalam menyampaikan pesan dan kampanye penyelamatan mangrove dapat kembali ditumbuhkan melalui media kartu pos. Selain itu, melalui media infografis yang saat ini berkembang pesat, kampanye mangrove KeSEMaT akan semakin dinamis dan bernilai, mengikuti perkembangan zaman.

Seiring berkembangnya zaman, desain kartu pos dan infografis semakin menarik dan beragam. Sampai saat ini, kartu pos tetap menjadi sarana untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu dalam sebuah karya visual yang sederhana, namun bermakna.

Selain itu, infografis adalah sarana baru dalam menyampaikan pesan tertentu berbentuk karya visual yang mudah diterima oleh masyarakat. Kegiatan KC 2016 ini, juga memberi sedikit pandangan mengenai antusiasme, dan pengetahuan generasi muda mengenai mangrove, dan lingkungan pesisir di Indonesia dan seluruh dunia.

VI. TUJUAN UMUM
Menyebarkan pengetahuan dan informasi mangrove serta menumbuhkembangkan semangat konservasi mangrove di kalangan masyarakat terutama generasi muda di seluruh Indonesia.

VII. TUJUAN KHUSUS
1. Menumbuhkembangkan semangat konservasi mangrove
2. Mengetahui seberapa jauh antusiasme generasi muda terhadap pengetahuan dan informasi mangrove
3. Menyambut Hari Ulang Tahun KeSEMaT yang ke-15, yaitu KeSEMaTBIRTHDAY 2016

VIII. DESKRIPSI KEGIATAN
KC 2016 merupakan sebuah bentuk Lomba Desain Kartu Pos dan Infografis Bertema Mangrove Savior of The Earth di kalangan generasi muda Indonesia. Acara yang bertema Mangrove Savior of The Earth ini terbagi menjadi beberapa tahapan kegiatan.

Tahap pertama, yaitu pengumpulan karya peserta lomba pada tanggal 27 September-10 Oktober 2016. Peserta mengumpulkan karyanya dengan mengirimkannya melalui e-mail KeSEMaT: kesemat@undip.ac.id dan kesemat@gmail.com.

Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2016, berupa penutupan pengumpulan karya desain kartu pos dan infografis KC 2016 yang telah dibuat oleh Peserta KC 2016.

Tahap ketiga, yaitu pada 11 Oktober 2016, dilakukan penjurian hasil lomba oleh para juri dan panitia KC 2016.

Tahap selanjutnya, yaitu 12 Oktober 2016, panitia mengumumkan pemenang Lomba Desain Kartu Pos dan Infografis Bertema Mangrove Savior of The Earth melalui jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id.

Pada tahap terakhir, yaitu tanggal 15 Oktober 2016, panitia menyerahkan paket hadiah dan plakat KC 2016 kepada para pemenang.

IX. PESERTA
9.1. Persyaratan Umum
1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
2. Peserta tidak dibatasi umur.
3. Lomba bersifat perseorangan.
4. Lomba KC 2016 ini GRATIS dan untuk umum, tidak dikenakan biaya apapun.
5. Peserta diharuskan memiliki akun Facebook, Twitter dan Instagram.
6. Karya desain kartu pos dan infografis mengandung konten Mangrove Savior of The Earth.
7. Karya desain kartu pos dan infografis tidak boleh mengandung unsur SARA.
8. Peserta hanya diperkenankan untuk mengirimkan satu karya.
9. Pengiriman karya desain kartu pos dan infografis dimulai pada tanggal 27 September 2016 sampai dengan 10 Oktober 2016 pukul 23.59 WIB.
10. Karya desain kartu pos dan infografis yang dikirimkan adalah hasil karya orisinil yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media manapun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun.
11. Karya desain kartu pos dan infografis akan kami unggah di Facebook, Twitter dan Instagram KeSEMaT.
12. Peserta diharuskan untuk mengajak keluarga, teman ataupun mitra kerja untuk LIKE karyanya di Facebook, Twitter dan Instagram KeSEMaT.
13. Karya dengan LIKE terbanyak akan menjadi juara favorit, dengan menjumlahkan LIKE di Facebook, Twitter dan Instagram KeSEMaT.
14. Dengan mengikuti KC 2016, maka setiap peserta menyetujui bahwa setiap hasil karya yang dikirimkan ke panitia KC 2016 menjadi hak milik KeSEMaT dan akan dipublikasikan ke media sosial dan jaringan online KeSEMaT sebagai media kampanye penyelamatan mangrove KeSEMaT.
15. Lomba KC 2016 ini, tertutup untuk keluarga besar KeSEMaT.
16. Keputusan dewan juri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

9.2. Persyaratan Khusus
9.2.1. Kategori Lomba Desain Kartu Pos
1. Hasil karya dikirimkan dalam bentuk soft copy.
2. Menggunakan olah gambar digital dengan ukuran desain A5, resolusi 300 dpi dengan format JPEG.
3. Karya dikirimkan ke email kesemat@undip.ac.id dan kesemat@gmail.com dengan subjek: Lomba Desain Kartu Pos – KC 2016
4. Peserta wajib melampirkan scan/foto kartu identitas diri (KTP/SIM/identitas lain) dalam email tersebut dilengkapi dengan (a) nama lengkap, (b) alamat domisili sekarang, (c) akun media sosial (Facebook/Twitter/Instagram) dan (d) nomor yang dapat dihubungi.
5. Nama file dinamai dengan format: Nama Anda_Kota Asal_Judul Karya. Contoh: Ramli Kartika_Semarang_Mangroveku Idolaku.

9.2.2. Kategori Lomba Infografis
1. Hasil karya dikirimkan dalam bentuk soft copy.
2. Menggunakan olah gambar digital dengan ukuran desain A3, resolusi 300 dpi dengan format JPEG.
3. Karya dikirimkan ke email kesemat@undip.ac.id dan kesemat@gmail.com dengan subjek: Lomba Infografis – KC 2016
4. Peserta wajib melampirkan scan/foto kartu identitas diri (KTP/SIM/identitas lain) dalam email tersebut dilengkapi dengan (a) nama lengkap, (b) alamat domisili sekarang, (c) akun media sosial (Facebook/Twitter/Instagram) dan (d) nomor yang dapat dihubungi.
5. Nama file dinamai dengan format: Nama Anda_Kota Asal_Judul Karya. Contoh: Ramli Kartika_Semarang_Fungsi dan Manfaat Mangrove.

X. PENJURIAN
Dewan juri KC 2016 terdiri dari para Konsultan KeSEMaT yang ahli di bidangnya, yaitu:
1. Rohmat Kuslarsono (Direktur Utama CV. KeMANGI)
2. Ganis Riyan Efendi (Pemimpin Redaksi MANGROVEMAGZ)

XI. HADIAH
Pemenang KC 2016 akan mendapatkan hadiah berupa:
1. Paket hadiah menarik, berupa produk dari Industri Mangrove Kreatif KeSEMaT, diantaranya Mas Jamang (Kuliner Mangrove) dan Mangrover ID (Clothing Mangrove).
2. Plakat.
3. Piagam penghargaan dari KeSEMaT.

Panitia akan menetapkan tiga orang pemenang dari lomba desain kartu pos, yaitu Juara 1, Juara II dan Juara Favorit.

Sedangkan untuk lomba desain infografis panitia juga akan menetapkan tiga orang pemenang, yaitu Juara 1, Juara II dan Juara Favorit.

Karya para pemenang juga akan ditampilkan dalam MANGROVEMAGZ.

Bagi para pemenang yang berdomisili di Semarang, penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada acara KeSEMaTBIRTHDAY 2016.

Bagi pemenang yang berdomisili di luar Semarang, paket hadiah akan dikirimkan melalui pos ke alamat masing-masing pemenang.

XII. JADWAL KEGIATAN
1. Pendaftaran Peserta dan Pengiriman Karya
Hari, Tanggal : 27 September – 10 Oktober 2016
Tempat : Kantor KeSEMaT

2. Penjurian Hasil Karya
Hari, Tanggal : 11 Oktober 2016
Tempat : Kantor KeSEMaT

3. Pengumuman Pemenang
Hari, Tanggal : 12 Oktober 2016
Tempat : Kantor KeSEMaT

4. Penyerahan Hadiah
Hari, Tanggal : 15 Oktober 2016
Tempat : Kampus UNDIP Tembalang, Semarang

XIII. KONTAK DAN INFORMASI
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KC 2016 bisa ditujukan kepada:

Sdri. KHARISTINI RIZKI
Staf Menteri Perpustakaan KeSEMaT
M. (+62)82 341830581 P. +6285 103527552
F. (024) 7474698 E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Pelaksana Kegiatan di bawah Departemen Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang.

Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silakan mengunjungi jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id

NB. Jadwal KC 2016 disusun secara tentative.

XIV. PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. (KH).