6.9.16

KeSEMaT Kenalkan Potensi Ekowisata Mangrove di Pulau Panjang, Jepara

Jepara - KeSEMaTBLOG. Rangkaian kegiatan Mangrove Cultivation (MC) 2016 berakhir pada hari Minggu, 28 Agustus 2016. Pada hari ketiga ini, MC 2016 ditutup dengan pemutaran video rangkaian kegiatan MC 2016 yang meliputi technical meeting, ramah tamah, pelatihan, seminar nasional, dan lain-lain, hingga berakhirnya acara.

Selain itu, peserta juga diajak untuk memberikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan MC 2016.

"Acara ini sangat mengasyikkan. Seru banget! Teman-teman peserta juga keren. Panitia ramah dan berhasil membuat acara yang tidak membosankan," ujar Nur Kharimah salah satu peserta MC 2016.

Setelah kegiatan penutupan MC 2016 yang bertempat di aula gedung D Asrama Mahasiswa Marine Station Teluk Awur, kegiatan dilanjutkan dengan field trip.

Pada pukul 10.00 WIB rombongan MC 2016 meninggalkan asrama menuju ke dermaga kapal untuk menuju ke Pulau Panjang, Jepara.

Waktu yang diperlukan untuk menuju ke Pulau Panjang cukup singkat, yaitu sekitar 20 menit. Antusiasme peserta sangat tinggi. Hal ini terlihat dari interaksi antara peserta dan panitia pada saat games dimainkan.

Selanjutnya, peserta melakukan perjalanan mengelilingi Pulau Panjang dengan didampingi oleh beberapa panitia.

"Kami mengajak peserta ke sini dengan tujuan untuk memperkenalkan potensi ekowisata mangrove dan pantai putih di sini. Walaupun masih harus dibenahi, namun arah pengembangannya ke depan sangat memungkinkan," jelas Sdr, M. Irfan C. P. (DP).

Selain itu, rombongan MC 2016 juga melakukan take video bersama dengan tim Pesona Indonesia untuk memperkenalkan potensi wisata di Pulau Panjang, Jepara.

Tepat pukul 13.00 WIB, rombongan kembali ke bus untuk melanjutkan field trip ke Masjid Agung Demak.

Peserta menjalankan sholat Asar di Masjid Agung Demak dan mengunjungi Museum Masjid Agung Demak yang berada di samping masjid. Acara field trip kemudian ditutup dengan foto bersama di pelataran Masjid Agung Demak.

Perjalanan dilanjutkan kembali ke Semarang. Peserta dan panitia saling berpamitan sesampainya di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Diponegoro, Semarang. Sampai jumpa lagi di MC 2017, tahun depan! (TB).