22.1.09

KeSEMaT Pemenang Kompetisi 2009 International Children’s Art Calendar MAP Amerika

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 21 Januari 2009, Mangrove Action Project (MAP), sebuah LSM Mangrove International yang bergerak dalam bidang mangrove, telah mengumumkan 13 organisasi dari 12 negara yang menjadi pemenang dalam kompetisi 2009 International Children’s Art Calendar. Kedua belas organisasi tersebut, yaitu:

(1) Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur - Mangrove Ecosystem Society of Teluk Awur, Diponegoro University - KeSEMaT UNDIP (Indonesia), (2) Zhonghua Secondary School (Singapura), (3) Community Coastal Development Programme - CCDP (India), (4) Centre for Marinelife Conservation and Community Development - MCD (Vietnam), (5) MGC New Life Christian Academy (Philipina), (6) Sungei Buloh Wetland Reserve in Singapore (Singapura), (7) Project Abroad - Krabi (Thailand), (8) Participatory Management of Coastal Resources of Cambodia - PMCR (Kamboja), (9) Autoridad de los recursos (Panama), (10) CEHRD (Nigeria), (11) PRODIPAN (Bangladesh), (12) Placencia Peninsula Art Association (Belize), dan (13) Sewalanka Foundation (Srilanka). Kompetisi ini, diikuti oleh 2000 pelajar SD dari 12 negara di dunia.

Ketiga belas organisasi dari 12 negara ini, terpilih sebagai pemenang setelah melewati beberapa proses penjurian yang sangat ketat yang telah dimulai dari pertengahan tahun 2008. Proses penjurian meliputi kesesuaian tema, teknis pewarnaan dan inisiasi kampanye mangrove yang diperlihatkan dalam gambar. KeSEMaT yang mengirimkan tiga buah gambar, hasil karya tiga orang pelajar SD di SD Trimulyo I dan SD Trimulyo II, berhasil memenangkan kompetisi ini.

Hasil gambar pelajar SD Trimulyo II bernama Rudi Setiawan (12 tahun) berhasil menjadi juara pertama sehingga hasil gambar Rudi Setiawan, (yang sebelumnya telah dipilih oleh KeSEMaT dalam program Lomba Gambar Mangrove tingkat SD yang diselenggarakan oleh KeSEMaT dalam program KeSEMaT Goes To School - KGTS 2008) beserta dua belas hasil karya pelajar SD lainnya dari 13 organisasi yang mewakili 12 negara, telah dicetak oleh MAP dalam bentuk Kalender 2009 nan cantik, yang telah pula didistribusikan di seluruh dunia.

Berkat prestasinya ini, maka MAP menganugerahkan kepada KeSEMaT, Kepala Sekolah dan para pelajar SD Trimulyo I dan II sebuah penghargaan berupa sertifikat dan 14 buah Kalender 2009 yang berisi gambar-gambar pemenang 2009 International Children’s Art Calendar.

Keluarga besar KeSEMaT mengucapkan selamat dan salut atas penghargaan Internasional KeSEMaT yang keempat, ini. Semoga, hal ini bisa menginisiasi organisasi lainnya terutama organisasi di UNDIP untuk bisa mendapatkan pencapaian yang sama. Salam MANGROVER!