2.5.09

KeSEMaT Panen Buah Mangrove di Ujung Piring Jepara

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 30 April 2009, KeSEMaT mengadakan pengambilan buah-buah mangrove jenis Avicennia (Api-api) dan Sonneratia (Pidada) (inset: Buah Pidada), di vegetasi mangrove Desa Jambu dan Sekuro, Ujung Piring, Jepara. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Indriatmoko (Presiden), Farhan Pramudito (MENPORSI) dan Abdul Rohman Zaky (MENDIKTAN) ini, diikuti oleh kurang lebih 10 orang KeSEMaTERS.

Program pengambilan buah-buah mangrove ini adalah sebagai persiapan dalam pelaksanaan program pendidikan KeSEMaT, yaitu Mangrove Training (MT) 2009, yang akan dilaksanakan pada tanggal 15, 23 - 24 Mei 2009, mendatang. Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Buah mangrove yang dipilih adalah Api-api dan Pidada, dengan tujuan untuk dilakukan perlakuan atas kedua jenis ini, yaitu diambil tepungnya untuk dimasak sebagai berbagai makanan dan minuman mangrove. Direncanakan, dalam MT 2009 nanti, akan diadakan demo masak makanan dan minuman berbahan dasar kedua jenis buah mangrove, ini.

No comments:

Post a Comment