6.5.09

Kunjungan KeSEMaT ke LSM LEPASS dan UNTAG Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 5 dan 6 Mei 2009, para KeSEMaTERS (Anggota) yang terdiri dari Oky Yuripa Pradana, Aurora Hanifa, Tutus Widjanarko dan Afirman Karyono, telah melakukan kunjungan ke Kebun Bibit Mangrove milik LSM LEPASS Mangkang Semarang, untuk mencari ketersediaan buah mangrove jenis Avicennia dan Sonneratia, di sana. Hal ini dilakukan untuk persiapan pelaksanaan Mangrove Training (MT) 2009 yang akan diselenggarakan pada tanggal 15, 23 dan 24 Mei 2009.

Tak hanya ke Mangkang saja, para KeSEMaTERS juga telah melakukan kunjungan ke Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG) Semarang, untuk menemui Ibu Dyah Ilminingtyas, Dosen Fakultas Pertanian UNTAG, dengan tujuan untuk berdiskusi mengenai kelayakan buah mangrove jenis Api-api (Avicennia sp) dan Pidada (Sonneratia sp) yang akan diolah menjadi bahan makanan pada MT 2009 mendatang.

Buah-buah mangrove ini, akan diolah oleh Ibu Dyah menjadi sebuah makanan dan minuman yang lezat. Pengolahan bahan baku buah mangrove menjadi makanan dan minuman ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum bahwa buah mangrove bisa didayagunakan secara ekonomis.