2.5.09

KeSEMaT dan Dosen Ilmu Kelautan UNDIP Kunjungi Kelompok Tani Tambak di Mangkang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 1 Mei 2009, KeSEMaT dan para Dosen Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (UNDIP), melakukan kunjungan ke Kelompok Tani Tambak (KTT) di daerah pesisir Mangkang, Semarang. Kunjungan ini bertujuan untuk mengadakan sarasehan demi mendengarkan berbagai permasalahan dan juga menemukan solusi atas kendala yang dihadapi oleh KTT.

Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing), Indriatmoko (Presiden), Farhan Pramudito (MENPORSI), Aurora Hanifa (Anggota) dan Hilyati Fajrina (Anggota). Sementara itu, dari pihak Ilmu Kelautan UNDIP, diwakili oleh para dosen, yaitu Ibu Sri Redjeki dan Ibu Nirwani.

Kunjungan dan sarasehan dimulai pada pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB. Dalam sarasehan, mengemuka berbagai permasalahan yang dihadapi oleh KTT, seperti adanya hubungan yang kurang harmonis antara KTT satu dengan KTT lainnya, abrasi yang mengancam lahan tambak KTT, serta pengolahan hasil tambak dan pemanfaatan mangrove untuk tambak yang tidak maksimal.

Rekomendasi KeSEMaT dalam sarasehan ini adalah wacana mengenai pengolahan berbagai buah mangrove untuk dijadikan makanan dan minuman. Selain itu, KeSEMaT juga memberikan beberapa teknik mengenai cara rehabilitasi mangrove yang benar untuk dipraktekkan di sebuah lahan pertambakan yang telah terkikis oleh abrasi dan erosi.