20.5.09

KeSEMaT Mengajar Mangrove di SMK HASANUDDIN Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal, 20 Mei 2009, kembali, KeSEMaT bersama dengan Yayasan BINTARI, dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kota (PEMKOT) Semarang, melakukan pengajaran mengenai ekosistem pesisir kepada para siswa/siswi di SMK dan SMA yang terletak di wilayah pesisir se-Semarang dalam rangka melaksanakan program sosialisasi Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) tahun 2009. Kali ini, KeSEMaT yang diwakili oleh Farhan Pramudito (MENPORSI) dan puluhan KeSEMaTERS (DK, DP, para Menteri dan Anggota KeSEMaT) lainnya, kembali mengajarkan materi mengenai “Mitigasi Dampak Global Warming dan Cara Mengatasinya,” kepada para siswa SMK Hasanuddin Semarang.

GBPL 2009 yang berupa pengajaran mangrove ini, dimulai pada pukul 08.30 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Pada awal presentasi, KeSEMaT menjelaskan mengenai pengertian pemanasan global dan perubahan iklim. Selanjutnya, diteruskan dengan penjelasan mengenai fungsi mangrove dalam memitigasi dampak pemanasan global dan perubahan iklim, tersebut. Pengetahuan mengenai mangrove mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, fungsinya dalam meredam tsunami dan fungsi lainnya, syarat hidupnya, data kerusakan mangrove dan presentasi menarik lainnya tentang teknik pembibitan dan penanaman mangrove yang baik dan benar, juga telah dipresentasikan oleh KeSEMaT.

Setelah presentasi, dalam sesi tanya jawab banyak mengemuka pertanyaan mendasar mengenai bagaimanakah tata cara regenerasi mangrove dan apakah mangrove bisa ditanam di pekarangan. Setelah menjawabnya dengan jawaban yang memuaskan, KeSEMaT mengakhiri pengajaran mangrovenya dengan mengadakan simulasi tata cara penanaman mangrove yang baik dan benar, yang dilakukan oleh dua orang siswa SMK Hasanuddin.

Setelah di SMK Hasanuddin, KeSEMaT akan mengajar mangrove lagi, di berbagai SMK dan SMA di wilayah pesisir Semarang. Jadwal pengajaran GBPL 2009 ke SMK dan SMA di wilayah pesisir Semarang berikutnya, adalah sebagai berikut: 1. SMK YPP pada tanggal 19 Mei 2009; 2. SMK Hasanuddin pada tanggal 20 Mei 2009; 3. SMK Cut Nyak Dien pada tanggal 26 Mei 2009; dan 4. SMU Krista Mitra pada tanggal 28 Mei 2009. Pengajaran dimulai pada pukul 08.30 WIB – 12.00 WIB.