23.10.09

KeSEMaT Melaunching KeSEMaTNURSERYBLOG

Semarang - KeSEMaTBLOG. Hari ini, tepat pada tanggal 21 Oktober 2009, untuk “pertama kalinya,” KeSEMaTNURSERY memiliki situsnya sendiri di dunia maya. KeSEMaTNURSERY yang berarti Kebun Bibit Mangrove KeSEMaT ini, menyediakan (1) Propagul Rhizophora spp (Bakau); (2) Bibit Avicennia spp (Api-Api); (3) Bibit Rhizophora spp (Bakau); (4) Ajir dan (5) Jasa Konsultasi Mangrove.

Sejak dilaunching oleh KeSEMaT, pada beberapa bulan yang lalu, perkembangan pemesanan bibit mangrove dari masyarakat Indonesia ke KeSEMaT, mengalami peningkatan yang sangat pesat. Bahkan, tak hanya melakukan pemesanan bibit mangrove saja, mereka juga meminta KeSEMaT untuk sekaligus bertindak sebagai konsultan pembibitan dan penanaman dalam program rehabilitasi mangrove, mereka.

Peluncuran KeSEMaTNURSERY versi blog yang kemudian disebut sebagai KeSEMaTNURSERYBLOG ini, dilakukan dengan tujuan untuk lebih mempermudah akses dan interaksi antara KeSEMaT dengan para konsumennya, yang membutuhkan propagul, bibit mangrove dan ajir, untuk membantu pelaksanaan program-program rehabilitasi mangrove di daerah mereka, masing-masing.

Perlu diinformasikan, bahwa sebenarnya keberadaan KeSEMaTNURSERY di dunia maya, sudah ada sesaat setelah KeSEMaT meluncurkannya sebagai salah satu produk unggulan KeSEMaT, selain KeMANGTEER, Sertifikasi MangroveSafe, dan lain-lain. Adalah Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id, yang telah menyediakan sebuah space (baca: tempat) bagi keberadaan KeSEMaTNURSERY untuk kemudian diinformasikan kepada masyarakat luas.

Namun demikian, mengingat perkembangan dan sebuah wacana dari sebagian konsumen KeSEMaTNURSERY yang menginginkan adanya sebuah forum dan atau blog khusus yang membahas mengenai KeSEMaTNURSERY, maka KeSEMaT memandang perlu kiranya untuk menghadirkan KeSEMaTNURSERY versi blog, yang beralamat di http://kesematnursery.blogspot.com.

Selanjutnya, sebelum hadirnya KeSEMaTNURSERYBLOG di hari ini, KeSEMaT sendiri, memang sudah lama menjual propagul, bibit mangrove dan ajir untuk membantu masyarakat pesisir dalam mengerjakan program rehabilitasi mangrovenya di pesisir-pesisir pantai di seluruh Indonesia. Setiap bulan, pasti ada saja organisasi dan instansi baik swasta dan pemerintah yang membeli propagul, bibit mangrove dan ajir kepada KeSEMaT.

Seiring dengan berjalannya waktu, maka permintaan ketiga produk mangrove KeSEMaT tersebut, semakin lama semakin banyak, saja. Maka, untuk lebih memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para konsumennya akan propagul, bibit mangrove dan ajir itulah, maka KeSEMaT meluncurkan programnya, yaitu KeSEMaTNURSERY ini.

Masyarakat luas yang membutuhkan propagul, bibit mangrove dan ajir, yang disediakan oleh KeSEMaT tersebut, yang terdapat di dalam KeSEMaTNURSERY, dipersilahkan untuk memanfaatkan KeSEMaTNURSERY sebagai salah satu alternatif dalam menyukseskan program-program rehabilitasi mangrove yang diinisiasi.

Yang perlu diingat adalah, yang ada dan ditawarkan KeSEMaT dalam KeSEMaTNURSERY tak hanya berupa barang saja, melainkan juga ada jasa konsultasi pra, saat dan paska penanaman mangrove. Keterangan selengkapnya tentang teknik pemesanan produk mangrove KeSEMaT, metode pembayaran dan lain-lain, bisa dibaca di halaman lain dalam KeSEMaTNURSERYBLOG.

Dengan hadirnya KeSEMaTNURSERYBLOG ini, kami berharap semoga saja interaksi antara KeSEMaT dan masyarakat selaku konsumen KeSEMaTNURSERY, bisa semakin baik dan meningkat agar pelaksanaan program-program rehabilitasi mangrove di pesisir Indonesia bisa semakin baik, lagi. Bagi yang penasaran bagaimana “rupa” KeSEMaTNURSERYBLOG, silahkan langsung berkunjung ke http://kesematnursery.blogspot.com. Salam MANGROVER!

No comments:

Post a Comment