5.10.09

KeSEMaT Memonitoring Program Pembibitan Mangrove Kelompok Tani Nelayan di Desa Tapak Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 3 Oktober 2009, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB, KeSEMaT yang diwakili oleh beberapa KeSEMaTER, seperti Sdr. Aris Priyono (DK), Sdr. Arief Marsudi Harjo (KIKAMaT), Sdr. Faradhian Fahmi (DP), Sdr. Sunanto Kusuma P. (DP), Sdr. Windy Indra Ardiansyah (DP) dan Sdr. Farhan Pramudito (MENPORSI) telah melakukan monitoring program pembibitan mangrove kelompok tani nelayan di Desa Tapak Semarang. Kegiatan ini dilakukan sebagai lanjutan dari proyek rehabilitasi mangrove hasil kerjasama KeSEMaT, Yayasan BINTARI dan FoE Jepang.

Sebagai konsultan mangrove, dalam kesempatan ini, para KeSEMaTER menerima keluh kesah kelompok tani setempat akan adanya berbagai permasalahan seputar pembibitan mangrove. Beberapa permasalahan yang dihadapi, diantaranya adalah ditemukannya hama ulat dan keraguan akan penempatan lokasi pembibitan mangrove. Setelah menerima beberapa laporan tersebut, maka KeSEMaTER segera berkunjung ke lapangan, terutama di lokasi pembibitan mangrove, untuk memeriksa secara langsung permasalahan yang ada. Dengan ditemani oleh beberapa personel dari kelompok tani nelayan dan karyawan Yayasan BINTARI, KeSEMaTER memberikan arahan dan solusi atas berbagai kendala yang dihadapi dalam program rehabilitasi mangrove ini.

Setelah selesai memberikan arahan, para KeSEMaTER berdiskusi kembali dengan para kelompok tani nelayan setempat untuk menemukan solusi terbaik, yang kemudian akan diimplementasikan secara bersama-sama untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.