9.11.09

Hasil Reportase KeSEMaTBIRTHDAY 2009 di Kampus Ilmu Kelautan UNDIP

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 6 November 2009, bertempat di Ruang Seminar Jurusan Ilmu Kelautan (JIK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP), KeSEMaT telah menyelenggarakan peringatan puncak hari ulang tahun KeSEMaT, bertajuk KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2009: Peringatan Hari Ulang Tahun KeSEMaT ke-8, Laporan Kegiatan KeSEMaT Setahun, Launching IKAMaT dan KeMANGTEER dan Pengumuman KC 2009. KB 2009 diselenggarakan sebagai rasa syukur atas suksesnya program-program mangrove KeSEMaT dalam kurun waktu delapan tahun, ini.

KB 2009 dimulai pada pukul 14.30 WIB dengan sambutan-sambutan, yaitu sambutan dari Ketua Panitia KB 2009, Presiden KeSEMaT, Ketua Jurusan JIK FPIK UNDIP, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Semarang dan Pembantu Dekan III FPIK UNDIP yang sekaligus membuka acara. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan acara inti, berupa tiga buah presentasi tentang Laporan Kegiatan KeSEMaT setahun, Launching Ikatan Alumni KeSEMaT (IKAMaT) dan Launching KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER), yang berturut-turut dilakukan oleh Sdr. Indriatmoko (Presiden), Bapak Arief Marsudi Harjo (IKAMaT), dan Sdr. Farhan Pramudito (MENPORSI). Tak hanya itu, acara inti juga diisi dengan pengumuman pemenang program KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2009: Lomba Penulisan Artikel Mangrove Tingkat SMA dan SMK se-Indonesia yang dibacakan oleh Sdr. Radich Arief Nugroho (Anggota).

KB 2009 berlangsung meriah karena dihadiri oleh para mitra kerja KeSEMaT yang terdiri dari pelajar SMA, mahasiswa dan institusi pemerintahan dan swasta, yaitu SMA Al-Multazam Mojokerto, HMIK, Green Community, Racana Diponegoro, FISIP UNDIP, UKSA-387, MDC, Farmasea, Al-Bahrain, Dinas Kehutanan Jawa Tengah, DKP Kota Semarang, DKP Provinsi Jawa Tengah, dan KeMANGTEER. Total keseluruhan panitia dan tamu undangan yang mengikuti KB 2009 tak kurang dari lima puluh orang.

Potong tumpeng sebagai simbolisasi rasa syukur atas kesuksesan program-program mangrove KeSEMaT, adalah acara selanjutnya. Sesi ini juga berlangsung semarak, karena diikuti dengan Launching IKAMaT dan KeMANGTEER yang peresmiannya dilakukan secara langsung oleh Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing). Sebagai acara penutup, diadakan pemutaran “Heads Above Water” yang merupakan film dokumenter kerjasama JIK FPIK UNDIP dengan BBC Inggris. Keseluruhan acara KB 2009, diakhiri dengan doa dan foto bersama.