9.11.09

IKAMaT dan KeMANGTEER, Resmi Berdiri

Semarang - KeSEMaTBLOG. Setelah melalui berbagai tahapan persiapan dan konsep yang matang, akhirnya dua buah organisasi baru inisiasi KeSEMaT, yaitu Ikatan Alumni KeSEMaT (IKAMaT) dan KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER), akhirnya berhasil diresmikan. Pada tanggal 6 November 2009, bertepatan dengan acara KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2009: Peringatan Hari Ulang Tahun KeSEMaT ke-8, Laporan Kegiatan KeSEMaT Setahun, Launching IKAMaT dan KeMANGTEER dan Pengumuman KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2009: Lomba Penulisan Artikel Mangrove Tingkat SMA dan SMK se-Indonesia, maka peresmian IKAMaT dan KeMANGTEER dilakukan secara langsung oleh Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing).

Sebelum dilakukan peresmian, keberadaan IKAMaT dan KeMANGTEER, sebenarnya sudah ada. Sebuah Grup di Jaringan KeSEMaTONLINE, yaitu KeSEMaTFACEBOOK, yang telah dibuat oleh KeSEMaT, untuk memberikan wadah bagi kedua organisasi ini untuk tumbuh dan berkembang, juga telah dibentuk terlebih dahulu sebelum akhirnya diresmikan pada tanggal 6 November 2009. Peresmian dilakukan di Ruang Seminar Jurusan Ilmu Kelautan (JIK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) yang dihadiri oleh para tamu undangan dan para mitra kerja KeSEMaT.

Peresmian kedua organisasi yang pada nantinya diharapkan bisa mendukung keberlanjutan dan kesuksesan pelaksanaan program mangrove KeSEMaT di masa mendatang ini, didahului dengan presentasi dari dua orang KeSEMaTER yaitu Sdr. Farhan Pramudito (MENPORSI) dan Bapak Arief Marsudi Harjo (Direktur IKAMaT), yang masing-masing mempresentasikan mengenai KeMANGTEER dan IKAMaT.

Dalam presentasinya, Sdr. Farhan menginformasikan bahwa salah satu tujuan dibentuknya KeMANGTEER adalah untuk mewadahi dan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan masyarakat di luar JIK FPIK UNDIP untuk bekerja bersama dengan KeSEMaT dalam menyelamatkan ekosistem mangrove di Indonesia. Selanjutnya, mengenai IKAMaT, Bapak Arief juga memberikan keterangan mengenai visi dan misi IKAMaT berikut tentang program kerja yang sedang dan akan dilakukan.

Acara peresmian IKAMaT dan KeMANGTEER yang dilaksanakan bersamaan dengan KB 2009, diikuti dengan acara syukuran berupa potong tumpeng sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas lancar dan suksesnya program-program mangrove KeSEMaT, selama delapan tahun, ini. Setelah diresmikan, maka IKAMaT akan kembali bekerja untuk mengerjakan proyek mitigasi bencana pesisir di Tugu - Semarang dan pembuatan Mangrove Information Center di Kumai, Kalimantan. Sementara itu, KeMANGTEER sudah mulai melakukan pendaftaran Koordinator Wilayah KeMANGTEER di wilayah Barat, Tengah dan Timur.