28.11.09

Kampanye Mangrove KeSEMaT di PINNISI Ilmu Kelautan UNDIP

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada hari Minggu, tanggal 22 November 2009, para KeSEMaTER yang diwakili oleh Sdr. Indriatmoko (Presiden), Sdr. Yanuar Sandy Perdana (MENSEK) dan Sdr. Farhan Pramudito (MENPORSI) telah memberikan penjelasan mengenai sejarah perkembangan Mangrove Education Centre of KeSEMaT (MECoK) serta pengarahan tentang identifikasi mangrove. Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian dari acara PINNISI (Pembentukan Etika dan Tanggung Jawab Ilmu Kelautan dan OseanografI) 2009.

PINNISI sendiri adalah acara tahunan di Jurusan Ilmu Kelautan (JIK) dengan inti kegiatan adalah orientasi mahasiswa baru dengan tujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru JIK dengan berbagai macam seluk beluk JIK Universitas Diponegoro, salah satunya dengan mengenalkan ekosistem mangrove.

Peserta PINNISI 2009 berjumlah 170 mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Acara terbilang sukses karena telah mampu mengikutsertakan semua mahasiswa baru, baik program studi Ilmu Kelautan maupun Oseanografi dalam memperkenalkan ekosistem yang terdapat di Pantai Teluk Awur salah satuya ekosistem mangrove.

Acara dimulai pukul 07.00 WIB - 11.30 WIB, diawali dengan penjelasan tentang perkembangan MECoK oleh MENPORSI, dengan isi penjelasan mengenai awal terbentuknya MECoK serta langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan oleh KeSEMaT dalam upaya merehabilitasi lahan mangrove yang rusak akibat eksploitasi berlebihan. Selanjutnya, Presiden dan MENSEK melakukan pengarahan tentang cara praktis mengidentifikasi jenis-jenis mangrove yang ada di MECoK.

No comments:

Post a Comment