16.5.10

BMC, Komunitas Mangrove Mahasiswa Yang Coba Geliatkan Upaya Rehabilitasi Mangrove di Riau

Semarang – KeSEMaTBLOG. Empat buah foto di samping ini adalah foto Rekan-rekan kami dari komunitas mahasiswa peduli mangrove bernama Belukap Mangrove Club (BMC) yang bernaung di bawah Universitas Riau (UNRI) Riau. Berdiri pada tahun 2009, saat ini BMC mulai mencoba mengadakan program-program mangrovenya untuk mencoba menggeliatkan upaya rehabilitasi mangrove di Riau, Pekanbaru dan sekitarnya, yang saat ini banyak tertekan dengan adanya proyek-proyek reklamasi untuk pelabuhan, pemukiman dan kegiatan merusak kawasan mangrove, lainnya.

Kehadiran mereka di program mangrove tahunan KeSEMaT, yaitu MANGROVE CULTIVATION (MC) 2010 yang berlangsung pada tanggal 7 – 9 Mei 2010 yang lalu, sungguh telah membuat kami para KeSEMaTER patut berbangga hati, karena BMC memiliki semangat juang yang sama dengan kami, untuk mencoba memperbaiki kondisi ekosistem mangrove di Indonesia menjadi lebih baik, lagi.

Bekerjasama dengan salah satu LSM di Riau, BMC sedang berusaha agar mangrove di kawasan mereka tetap terjaga dan lestari, mengingat saat ini sedang terjadi hubungan yang kurang harmonis antara beberapa stakeholder mangrove di sana. Harapan kami, semoga saja, ke depan, komunitas mangrove mahasiswa lainnya di Indonesia, terus bisa bermunculan, bekerja dan berjuang demi pelestarian ekosistem mangrove di nusantara tercinta, ini. Semangat MANGROVER!

No comments:

Post a Comment