16.5.10

Walaupun Berbuah Manis, Tapi Perjuangan Mangrove Kami (Tetap) Belum Selesai!

Jepara – KeSEMaTBLOG. Kami patut berbangga hati, karena setelah berjuang mati-matian dari generasi ke generasi, mulai dari tahun 2001 sampai dengan 2010 ini, maka pada akhirnya, usaha kami untuk meyakinkan beberapa pihak di area kerja kami, yaitu Jawa Tengah dan sekitarnya, akan pentingnya peranan ekosistem mangrove bagi kehidupan manusia, membuahkan hasil yang sangat manis. Lihatlah foto di samping ini.

Cobalah Anda cermati puluhan logo para mitra kerja KeSEMaT yang berderet bak kereta api, terpasang di spanduk yang digotong beramai-ramai oleh para KeSEMaTER dan KeMANGTEER pada saat mengikuti program mangrove tahunan KeSEMaT, yaitu MANGROVE CULTIVATION (MC) 2010 : Seminar Nasional, Pelatihan, Penyuluhan, Pembibitan dan Penyulaman Mangrove, di Teluk Awur Jepara, 7 – 9 Mei 2010, silam. Tanpa kami sebutkan nama dari setiap logo-logo ini, maka logo-logo ini telah berbicara sendiri bahwa betapa banyaknya mitra kerja yang telah bekerjasama dengan kami plus dukungan yang saat ini, kami dapatkan!

Memang, di tahun 2010 ini, KeSEMaT dan MC 2010-nya yang apabila merunut sejarahnya telah berhasil dilaksanakan secara berturut-turut selama lima tahun, yaitu mulai dari tahun 2006, 2007, 2008, 2009 dan 2010 ini, bertubi-tubi telah banyak meyakinkan para mitra kerja kami yang selama ini berhubungan baik dengan kami. Mulai dari institusi, LSM, masyarakat, pelajar, mahasiswa, pemerintahan, perorangan dan para stakeholder mangrove lainnya dari dalam dan luar negeri, dari pusat sampai daerah, setiap tahunnya selalu silih berganti membantu dan mendukung pelaksanaan MC.

Maka, memang tak salah kiranya, apabila di tahun 2010 ini, program-program rehabilitasi mangrove KeSEMaT benar-benar menjadi primadona! Namun demikian, walaupun berbuah manis, tapi kami tetap merasa bahwa perjuangan mangrove kami (tetap) belum dan tak akan pernah selesai. Program-program konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove akan tetap kami suarakan secara lebih lantang lagi, demi kelestarian ekosistem ini, di masa mendatang. Amin. Semangat MANGROVER!

No comments:

Post a Comment