12.5.10

Meriahnya Prosesi Pelatihan Penyulaman MANGROVE CULTIVATION 2010

Jepara – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 9 Mei 2010, mulai pukul 06.30 – 08.00 WIB, para peserta MANGROVE CULTIVATION (MC) 2010 menyambangi satu lokasi penanaman mangrove di MECoK untuk melakukan penyulaman bibit mangrove, di sana. Pelatihan penyulaman ini, dipandu oleh Praktisi Mangrove KeSEMaT yang kemudian membagi peserta MC 2010 menjadi empat buah kelompok, yang masing-masing menyulam di empat titik yang berbeda. Pelatihan penyulaman MC 2010 yang berlangsung meriah ini, bertujuan untuk memberikan informasi dan pengajaran mengenai teknik penyulaman mangrove yang benar sekaligus mengkampanyekan pentingnya penyulaman, setelah tahap penanaman mangrove selesai dilaksanakan.

Pelatihan penyulaman yang diikuti oleh para peserta MC 2010 yang berasal dari seluruh Indonesia ini, telah berhasil menyulam ribuan bibit mangrove dari jenis Ceriops, Rhizophora dan Bruguiera. Pemilihan ketiga jenis ini, disesuaikan dengan tiga jenis mangrove yang berhasil tumbuh dengan baik di salah satu titik di MECoK, ini.

Pelatihan dimulai dengan pengarahan dan pembagian ajir yang kemudian diikuti dengan penyulaman mangrove di masing-masing bibit mangrove yang ditengarai mati, layu dan terkena serangan ganggang laut. Selesai penyulaman, para peserta MC 2010 membersihkan sampah polibek yang ada di sekitar lokasi dan melakukan foto bersama.

No comments:

Post a Comment