13.5.10

H. Suyadi Memberikan Pelatihan Pembibitan Mangrove Kepada Peserta MANGROVE CULTIVATION 2010

Jepara – KeSEMaTBLOG. H. Suyadi, seorang penyelamat mangrove yang telah dianugerahi sebagai Insan Perintis Lingkungan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Jakarta, sekaligus dijuluki sebagai Profesor Mangrove dari Rembang, pada tanggal 8 Mei 2010 yang lalu, telah menularkan ilmunya kepada para Peserta MANGROVE CULTIVATION (MC) 2010. Kali ini, H. Suyadi yang akrab dipanggil Pak Yadi ini, didaulat oleh KeSEMaT untuk memberikan pengetahuan tentang teknik pembibitan buah-buah mangrove, diantaranya Bruguiera, Rhizophora dan Ceriops.

Pelatihan pembibitan mangrove yang dipandu secara langsung oleh Sdr. Oky Yuripa Pradana (Presiden) ini, mendapatkan sambutan luar biasa dari para Peserta MC 2010, karena mereka bisa bertatap muka dan berkesempatan melakukan tanya jawab dengan Pak Yadi, yang namanya sudah sangat diakui di tingkat nasional.

Pak Yadi mempresentasikan materi berjudul “PENGEMBANGAN MANGROVE : PEMBIBITAN DAN PENANAMAN DI KABUPATEN REMBANG”. Dalam presentasinya ini, Pak Yadi menjelaskan secara detail mengenai teknik pembibitan, penanaman dan penyulaman beragam spesies mangrove serta menginformasikan tentang perkembangan teknik rehabilitasi mangrove di kawasan pesisir Rembang, yang kini menjadi panutan dan pedoman bagi pelaksanaan rehabilitasi mangrove di Jawa Tengah.

Pada sesi diskusi, beberapa pertanyaan telah diajukan oleh para Peserta MC 2010 yang kemudian dilanjutkan dengan praktek pembibitan mangrove di ruangan. Acara ditutup dengan pemberian plakat dan kenang-kenangan dari Presiden KeSEMaT kepada Pak Yadi.

No comments:

Post a Comment