6.5.12

Gandeng KeSEMaT, Pertamina Foundation Tanam 1000 Mangrove di Desa Bedono, Demak

Bedono - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 5 Mei 2012, KeSEMaT telah mendampingi Pertamina Foundation Region Semarang, selaku panitia kegiatan dalam acara Penanaman Mangrove di Desa Bedono, Demak. Acara yang bertajuk “Mangrovers Conservation” ini, dihadiri oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai Fakultas di Universitas Diponegoro. Pada kesempatan kali ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Cahyadi Adhe K. (DP), Sdr. Fuad Ashari (DP), Sdri. Fera Nur I. S. (DP), Sdr. Ganis Riyan E. (MENWEBNET), Sdr. Kamto Wahyono (MENDIKTAN), Sdr. Yanuar Yogha P. (Staf Ahli MENWEBNET), Sdri. Annisa Pertiwi (Staf Ahli MENWEBNET), dan Sdri. Susi Rusmiati (Staf Ahli MENKEU). Hadir pula Ketua KeMANGTEER Semarang dan beberapa anggota KeMANGTEER yang lain.

Acara dimulai dengan keberangkatan pukul 07.00 WIB dari GSG UNDIP menuju lokasi penanaman. Tiba di Desa Bedono, panitia dan peserta langsung disambut oleh ketua kelompok tani Desa Bedono selaku penanggung jawab wilayah Bedono. Sebelum panitia dan peserta melakukan penanaman mangrove, Sdr. Cahyadi Adhe K. (selaku perwakilan dari KeSEMaT) memberikan penjelasan tentang teknis penanaman mangrove sesuai dengan standarisasi KeSEMaT kepada peserta.

Setelah penjelaasan selesai, peserta dan panitia langsung menuju lokasi penanaman sekaligus membawa bibit yang akan ditanam ke lokasi penanaman. Dalam acara penanaman kali ini, jenis mangrove yang ditanam adalah Rhizophora mucronata sebanyak 1000 bibit. Seusai penanaman, seluruh peserta bersih diri, dan dilanjutkan dengan acara field trip ke makam Mbah Mudzakir. Acara yang selesai pukul 13.00 WIB ini diakhiri dengan penutupan dan foto bersama.

Nantinya, hasil dari penanaman kali ini akan terus dimonitoring oleh KeSEMaT terkait dengan pertumbuhan dan kelulushidupannya, guna mencapai pertumbuhan yang optimal. Semangat MANGROVER!