22.5.12

KeSEMaT Sukses Selenggarakan MANGROVE CULTIVATION 2012

Jepara - KeSEMaTONLINE. Pada tanggal 18 – 20 Mei 2012, KeSEMaT sukses menyelenggarakan program mangrove tahunannya, yaitu Mangrove Cultivation (MC) 2012 yang bertema Mangrove For Adventure. MC 2012 yang merupakan program seminar nasional, penyuluhan, pembibitan, penananam dan pemeliharaan mangrove ini, diikuti oleh kurang lebih seratus orang peserta dan panitia yang berasal dari seluruh Indonesia. Acara terbagi menjadi beberapa bagian penting, diantaranya seminar nasional, pelatihan pengenalan spesises mangrove, pelatihan pembibitan, penanaman dan pemeliharaan mangrove, coastal clean up dan beberapa pelatihan mangrove lainnya, yang dikemas dengan dinamis, melalui lomba cerdas cermat, pentas seni, permainan dan lain-lain sehingga tema petualangan begitu kental.

Kegiatan diawali dengan pelepasan peserta di Gedung Serba Guna (GSG) UNDIP Tembalang Semarang (18/5) menuju ke Teluk Awur, Jepara. Sesampai di Perkampungan MC 2012 yang terdiri dari beberapa tenda sehingga membentuk perkemahan mangrove di tepi pantai yang dikelilingi hutan mangrove Teluk Awur, Jepara, peserta dan panitia segera membersihkan diri, sholat dan makan lama. Selepas makan malam, diadakan ramah tamah dan silaturahmi antara panitia dan peserta yang dikemas dengan atraktif dan menarik.

Pada tanggal 19/5 mulai pukul 09.00 WIB, diadakan Seminar Mangrove Nasional di Kampus Ilmu Kelautan UNDIP Jepara, yang menghadirkan Bapak Tommy Hermawan dari Mangroves For The Future, Medina Kamil dari Jejak Petualang Trans 7 dan Cahyadi Adhe Kurniawan dari KeSEMaT. Ketiga pembicara masing-masing menjelaskan mengenai kegiatan dan program mangroving dari institusi masing-masing. Selanjutnya, acara diteruskan dengan pelatihan pembibitan mangrove oleh Praktisi Mangrove KeSEMaT dan praktek pembibitan, penanaman dan pemeliharaan mangrove di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) yang pada saat pembibitan juga diikuti oleh Medina Kamil. Setelah berhasil membibitkan, menanam dan memelihara kurang lebih seratus bibit mangrove jenis Rhizophora dan Ceriops, perang lumpur-pun dimulai dengan tujuan untuk mengakrabkan antar peserta dan panitia serta mendekatkan peserta MC 2012 dengan lumpur mangrove. Setelah membersihkan diri di pantai Teluk Awur yang indah, acara dilanjutkan dengan bersih diri dan makan malam. Kegiatan dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat mangrove dan pentas seni, yang dipandu oleh KeSEMaTER. Acara ini, berlangsung sangat meriah.

Di hari ketiga, acara dimulai dengan permainan, coastal clean up dan pembagian sertifikat MC 2012. Sebelum penutupan MC 2012 oleh Sdri. Riana Mentarijuita selaku Ketua Pelaksana MC 2012, Bapak Aris Priyono selaku Pendiri KeSEMaT menyimpulkan dan memberikan pemantapan materi pelatihan mangrove kepada para Peserta MC 2012. Setelah penutupan, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Masjid Agung Demak, wisata belanja di pasar tradisional Demak dan field trip ke kawasan mangrove di desa Bedono Demak, yang telah tenggelam oleh laut sebagai akibat dari ditebangnya pohon mangrove. Keseluruhan acara MC 2012 berlangsung baik dan lancar, yang diakhiri dengan berkumpulnya kembali para peserta MC 2012 ke GSG UNDIP, Tembalang Semarang.