14.6.12

Bagi Tips Mengelola Mangrove, Aris Priyono Ajak Warga PAITON Probolinggo Peduli Mangrove!

Paiton - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 12 Juni 2012, mulai pukul 09.00 WIB – 1.00 WIB, Bapak Aris Priyono (DK) telah menjadi pembicara dalam Seminar dan Lokakarya memperingati Hari Lingkungan Hidup di Paiton, Probolinggo, Jawa Timur. Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Jagad Lestari (JARI) bekerjasama dengan program CSR dari Pembangkit Jawa Bali (PJB) Paiton dan beberapa dinas lingkungan terkait pengelolaan mangrove di Jawa Timur ini, berlangsung meriah di aula PJB Paiton. Dalam kesempatan ini, Sdr. Ganis Riyan E. (MENWEBNET) juga turut hadir, mewakili Kabinet KeSEMaT Berdikari.

Tampil dihadapan 70-an peserta seminar yang dihadiri oleh karyawan PJB Paiton, LSM, swasta, pelajar, dinas pemerintahan dan warga sekitar PJB Paiton, Bapak Aris Priyono membawakan presentasi mengenai Ekosistem Mangrove, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Teknik Pengelolaan Mangrove. Dalam persentasinya selama kurang lebih satu jam, DK menjelaskan mengenai ekosistem mangrove ditinjau dari aspek biologinya, tips memberdayakan masyarakat pesisir dengan mangrove dan cara merehabilitasi mangrove agar hasilnya optimal. Dalam seminarnya, Bapak Aris Priyono juga mengajak para peserta untuk berdialog secara langsung, menunjukkan berbagai produk-produk mangrove seperti batik mangrove, sabun mangrove, sirup mangrove, buku mangrove dan lain-lain sehingga membuat suasana seminar berlangsung meriah, kondusif dan dinamis.

Setelah presentasi selesai, acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Tiga pembicara, yaitu dari KeSEMaT, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur dan Pemuka Agama Paiton, berkenan menjawab dan berdiskusi dengan warga pesisir Paiton. Khusus untuk KeSEMaT, beberapa pertanyaan yang ditanyakan, antara lain mengenai fungsi dan manfaat mangrove, konflik yang terjadi di lahan mangrove, keanekaragaman mangrove dan lain sebagainya. Setelah semua pertanyaan dijawab dengan lengkap, acara diakhiri dengan doa dan foto bersama. Tak lupa, dalam kesempatan ini, KeSEMaT juga memberikan dua buah buku mangrovenya kepada Yayasan JARI yang diwakili oleh Ketua JARI, Bapak Fauzan.