10.6.12

KeSEMaTER : We are Super Team!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Perhelatan akbar MANGROVEST 2012 KOMPAS KAMPUS : Green Coastal, Clean Environment hasil kerjasama KeSEMaT, KOMPAS KAMPUS dan Tupperware Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 31 Mei – 1 Juni 2012 yang lalu di kampus Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, akhirnya usai. Namun, gaungnya masih saja terdengar hingga sekarang. Banyak yang bertanya, siapa dibalik kesuksesan MANGROVEST 2012 yang berhasil menyedot hingga ribuan pengunjung, selama dua hari pelaksanaannya (?).

Selepas MANGROVEST, beberapa personel dan perwakilan organisasi dan komunitas di Semarang bahkan menyempatkan diri berkunjung ke Kantor KeSEMaT, untuk belajar membuat dan memanajemen acara kepada KeSEMaTER, agar kegiatan mereka bisa optimal-terselenggara layaknya MANGROVEST 2012 dan kegiatan mangroving KeSEMaT lainnya.

Rata-rata dari mereka bertanya mengenai bagaimana caranya, KeSEMaT bisa membuat beberapa acara dalam waktu berdekatan, berlevel nasional, dengan kualitas dan standarisasi yang tinggi hingga bisa sukses terselenggara dari awal hingga akhir acara. Keberhasilan KeSEMaT dalam menjaga kualitas program mangrovenya sesuai SOP, telah menginspirasi mereka untuk mengadopsi manajemen dan teknik-tekniknya. Beberapa hal yang dijelaskan KeSEMaTER diantaranya adalah detail, pantang menyerah, manajemen kritik dan solusi, kecermatan dan konsep super team bukan big team.

Lihatlah foto di atas. Ini adalah sebagian dari para personel Panitia MANGROVEST 2012 yang bekerja 24 jam tak kenal lelah dalam mengonsep acara MANGROVEST 2012 dengan detail. Lihatlah wajah-wajah mereka, mereka nampak serius berdiskusi demi menjaga kualitas program yang akan disuguhkan kepada para pengunjung. Berjumlah kurang lebih 60 orang, para KeSEMaTER terlihat menerapkan moto serius tapi santai, sehingga walaupun dikejar deadline dan tekanan dari beberapa pihak, mereka bisa tetap kompak, semangat dan memberikan energi positif di setiap program mangroving mereka. Selamat buat KeSEMaT, sang Inspirator kita. Semangat MANGROVER!