4.6.12

Sedot Ribuan Pengunjung, KeSEMaT Sukses Gelar MANGROVEST 2012 KOMPAS KAMPUS di UNDIP Semarang!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 31 Mei – 1 Juni 2012, KeSEMaT sukses menyelenggarakan program MANGROVEST 2012 : Green Coastal, Clean Environment. Program ini merupakan hasil kerjasama KeSEMaT dengan KOMPAS KAMPUS dan Tupperware Indonesia yang didukung sepenuhnya oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan Universitas Diponegoro (UNDIP), serta media partner seperti Prambors FM Semarang, TVB dan Warta Jateng. Kegiatan yang dipusatkan di tiga tempat, yaitu Lapangan Widya Puraya (WP), Gedung Sudharto (GS) dan Kampus FPIK UNDIP Tembalang, Semarang ini, berhasil menyedot ribuan pengunjung, selama dua hari pelaksanaannya.

Acara dimulai pada tanggal 31 Mei 2012 dengan pembukaan di Lapangan Widya Puraya UNDIP, mulai pukul 09.00 WIB. Pembukaan diawali dengan sambutan-sambutan oleh Sdr. Kamto Wahyono (MENDIKTAN) selaku Ketua Panitia MANGROVEST 2012, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Sdr. M. Faisal R. (Presiden), Bapak Pembantu Dekan III FPIK UNDIP, Perwakilan KOMPAS KAMPUS dan Tupperware Indonesia yang dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Pembantu Rektor III UNDIP. Prosesi penerbangan ratusan balon disambut dengan sangat meriah oleh para pengunjung dan tamu undangan yang hadir. Acara dilanjutkan dengan penyerahan bibit mangrove asosiasi dari Ketua Panitia kepada Pembantu Rektor III UNDIP, yang menandakan dibukanya secara resmi MANGROVEST 2012.

Acara penyambutan, berupa tarian daerah Jawa Tengah dan orasi-orasi mangrove dari semua perwakilan stand fair (KeSEMaT, KOMPAS, Tupperware Indonesia, KeSEMaTUSTIK, BINTARI, KKMKS, KKMD, KeMANGI, KeMANGTEER, SMART, Register, BPDAS, BTN Karimunjawa, Zee Batik, dan lain-lain), merupakan acara berikutnya yang dipandu oleh dua orang pembawa acara. Orasi mangrove ini diselingi dengan permainan dan kuis yang melibatkan semua pengunjung sehingga menambah suasana semakin meriah. Tepat pada pukul 12.00 WIB, Panitia MANGROVEST 2012 membagikan kendi kepada 1000 pengunjung pertama. Pembagian seribu kendi gratis ini dalam rangka mengkampanyekan Gerakan Seribu Kendi : Gunakan Kendi, Kurangi Sampah Plastik yang diinisiasi oleh Bapak Aris Priyono (Pendiri KeSEMaT).

Acara yang sudah menyedot ribuan orang baru di hari pertamanya saja ini, selain menampilkan kurang lebih 18 stand fair bertema mangrove, juga menghadirkan beberapa band hasil audisi Panitia MANGROVEST 2012 dan KeSEMaTUSTIK. MANGROVEST 2012 hari pertama juga dimeriahkan dengan peragaan busana Coastal Costplay dan Kompetisi Foto Express Your MANGROVEST 2012 yang semakin memeriahkan suasana. Keseluruhan acara berlangsung sukses dan lancar yang diakhiri dengan penampilan dari Teater BUIH UNDIP, pengundian doorprize dan penutupan di hari pertama.

Di hari kedua, acara dipusatkan di tiga tempat, yaitu Kampus FPIK, Lapangan WP dan GS UNDIP. Di Kampus FPIK, acara dimulai pada pukul 06.30 WIB dengan Fun Bike dan Penanaman Mangrove Asosiasi yang dilanjutkan dengan pembagian 1000 tumbler gratis Tupperware dan puluhan sepeda dari Polygon. Acara dilanjutkan dengan stand fair di WP dan Workshop Mangrove di GS UNDIP. Di WP, acara yang dimulai pada pukul 10.30 WIB ini, dimeriahkan dengan long march, mangrove flash mob, permainan, kuis dan pertunjukkan free styler dari Polygon dan pameran stand fair sampai dengan 17.00 WIB. Acara berlangsung meriah, karena tak hanya berpusat di WP saja, tapi para pengunjung dan peserta aksi long march dan flash mob juga turun ke jalan-jalan di sekitar Kampus UNDIP Tembalang membagikan ribuan stiker penyelamatan mangrove kepada mahasiswa dan civitas akademika yang lalu lalang di sekitar kampus UNDIP. Uniknya, semua kepala peserta aksi simpatik ini, ditutupi dengan head bag, bertuliskan pesan-pesan konservasi penyelamatan mangrove.

Sementara itu, di GS, acara juga berlangsung sangat meriah. Workshop Mangrove yang diawali dengan Workshop Fotografi oleh Ferganata I. R. (Pewarta Foto KOMPAS), Green Living oleh artis Dik Doank dan Shahnaz Haque, Citizen Journalism oleh Gesit A. (Wartawan KOMPAS) dan Rehabilitasi dan Cerpen Mngrove oleh Bapak MANGROVER Indonesia Aris Priyono ini, tak pernah sepi sampai akhir acara. Pertanyaan demi pertanyaan menyerbu para pembicara secara bertubi sehingga workshop berjalan sangat kondusif. Kegiatan selama dua hari ditutup pemberian plakat dan kenang-kenangan dan pertunjukan dengan stand up comedy dan foto bersama pada pukul 18.00 WIB. Dengan berakhirnya MANGROVEST 2012 di GS ini, maka berakhir pula kemeriahan dan euforia peduli mangrove di UNDIP Semarang, yang semoga saja terus bisa berlanjut di masa datang sehingga bisa menginspirasi kita semua untuk semakin sayang dan cinta dengan mangrove Indonesia dan dunia. Amin. Semangat MANGROVER!