13.9.15

KeSEMaT Kampanye Mangrove di Enviro in Action

Semarang- KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 13 September 2015, mulai pukul 06.00 WIB, KeSEMaT Kabinet Adhikari turut berpartisipasi dalam kampanye lingkungan (Enviro in Action) yang diselenggarakan oleh Biro Kelompok Studi Lingkungan (KSL) Program Studi Teknik Lingkungan UNDIP yang dilaksanakan di kawasan Car Free Day (CFD) Simpang Lima, Semarang.

Tidak hanya KeSEMaTER saja yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut, tetapi turut hadir pula Sdr. M. Faisal R. (Dirut Yayasan IKAMaT) dan Sdr. Dika (KeMANGTEER Semarang).

Enviro in Action merupakan sebuah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ozon Sedunia. Dalam kegiatan tersebut, disajikan berbagai macam pertunjukan yang cukup menarik perhatian pengunjung CFD, diantaranya adalah sebuah drama teatrikal yang berisi tentang ajakan untuk menjaga dan tidak menebang pohon secara illegal.

Kemudian peserta Enviro in Action melakukan long march di kawasan CFD yang diawali oleh barisan Marching Band. Dalam long march tersebut, peserta membagikan bibit tanaman kepada pengunjung di kawasan Simpang Lima.

“Di kesempatan ini, kami juga mengkampanyekan mangrove kepada warga sekitar, terutama komunitas lingkungan yang bergabung di acara ini. Kegiatan pelestarian alam dan kampanye lingkungan seperti ini, sangat positif,” ujar Sdr. Fahmi Abdullah B. (Presiden).

"Kegiatan ini mengajak generasi muda untuk peduli dengan kelestarian bumi, demi masa depan. Tentu saja, kami menyambut positif, karena di sini KeSEMaT juga dapat mengajak warga Semarang agar lebih peduli dengan mangrove di pesisirnya yang sudah rusak," ujar Dumatra 2015, Sdr. Alve Hadika.

Sebagai informasi, pesisir Semarang sudah banyak mengalami degradasi lahan yang diakibatkan oleh penebangan mangrove yang sembarangan. Kerusakan mangrove sudah lebih dari 90%. Padahal, hutan mangrove adalah kawasan penyimpan karbon terbesar di bumi. Bila mangrove ditebang, maka akan mempengaruhi lapisan ozon.

Enviro in Action diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta pada pukul 07.30 WIB. Semangat MANGROVER!