6.9.15

KeSEMaT Mengajar Mangrove di SD Islam Hasanuddin 4 Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 4 September 2015 kemarin,  lima orang KeSEMaTER berkesempatan untuk melakukan pengajaran ke SDN Islam Hasanuddin 4 Semarang di kecamatan Genuk, Semarang. Para KeSEMaTER yang dikoordinatori oleh Sdr. Ardyan Syahputra (staf MENKOMSI) didampingi oleh Sdr. M. Faisal R. (Dirut Yayasan IKAMaT). Pengajaran tersebut dilakukan pada pukul 08.00 - 10.30 WIB.

Pada kesempatan tersebut, KeSEMaTER tidak hanya melakukan pengajaran saja, melainkan juga mendapatkan amanah dari Kepala Sekolah SDN Islam Hasanuddin 4 untuk memberikan ilmu mangrovenya kepada anak-anak didiknya.

“Kami, pihak sekolah menginginkan agar anak-anak kami bisa lebih peduli mengenai keadaan lingkungan, terutama lingkungan pesisir”, ujar salah satu guru di sekolah tersebut.

Kegiatan pengajaran kepada murid SD kelas 5 dan 6 serta murid SMP yang bertempat di musholla Yayasan LP Ma’arif ini, berlangsung dengan lancar. Murid-murid dengan sangat antusias mengikuti pengajaran yang diberikan oleh para KeSEMaTER, yang bertemakan “Ayo Belajar Menagrove.”

Tema ini mengandung unsur pengajaran mengenai Global Warming (Pemanasan Global) dan mengenai mangrove di lingkungan pesisir. Para KeSEMaTER dengan ramah melakukan komunikasi dua arah dalam melakukan pengajaran.

Konsep ini sengaja dipilih, dengan harapan agar dapat meningkatkan pemahaman, ketertarikan dan kepedulian terhadap lingkungan pesisir, terutama mangrove.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan pada pengajaran ini, diantaranya adalah pemberian materi oleh para KeSEMaTER, dilanjutkan dengan mangrove games agar para murid tidak merasa jenuh, juga evaluasi pemahaman murid tentang materi yang telah disampaikan serta pemberian hadiah.

Kegiatan pengajaran pada hari tersebut diakhiri dengan foto bersama oleh para murid dan KeSEMaTER.

“Wah, akhirnya selesai juga. Cukup melelahkan, tapi sangat menyenangkan bisa berbagi ilmu dengan Adik-adik di sekolah ini. Semoga bermanfaat pengajaran yang telah kita lakukan hari ini,” ujar Sdri Trialaksita S. P. A. sang DUMATRI KeSEMaT.

Seusai kegiatan pengajaran, pihak sekolah dengan para KeSEMaTER berdiskusi mengenai keberlanjutan program. Pihak sekolah berharap kegiatan seperti itu tidak hanya berlangsung satu kali saja, tetapi dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Mereka nampak tertarik bekerja sama lebih lanjut dengan KeSEMaT untuk membangun relasi lebih luas. Semoga KeSEMaT dapat selalu memberi inspirasi untuk negeri. Amin. Semangat MANGROVER!