9.4.09

KeSEMaTER Berkunjung ke LSM LEPASS Mangkang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 9 April 2009, para KeSEMaTERS seperti Aurora Hanifa (Anggota), Yulia Ulfa (Anggota), Afirman Karyono (Anggota), Farhan Pramudito (MENPORSI), Indriatmoko (Presiden), Windy Indra Ardiansyah (DP), Arief Marsudi Harjo (KAK), dan Aris Priyono (DK), telah melakukan kunjungan kerja ke LSM LEPASS di Mangkang, Semarang. Rombongan diterima secara langsung oleh Ketua LSM LEPASS, yaitu Bapak Sururi. Kunjungan dilakukan mulai pukul 10.00 WIB – 14.00 WIB.

Dalam kesempatan ini, terjadi banyak diskusi, tukar informasi dan tanya jawab mengenai pengelolaan ekosistem mangrove, terutama di Jawa Tengah. Beberapa hal yang didiskusikan antara lain adalah mengenai berbagai koordinasi program rehabilitasi mangrove bersama, antara KeSEMaT dengan LSM LEPASS. Dua program mangrove yang direncanakan akan diselenggarakan bersama adalah (1) Pelaksanaan Jambore Mangrove Internasional di Mangkang dan (2) Proyek Rehabilitasi Mangrove di Mangkang inisiasi Departemen Kelautan dan Perikanan Pusat.

Selain itu, KeSEMaT dan LSM LEPASS juga bertukar informasi mengenai beberapa pengalaman pengelolaan mangrove di area kerjanya masing-masing, seperti teknis penyulaman, pembibitan dan penanaman mangrove. Tak hanya itu, kunjungan KeSEMaT ke Pusat Pembuatan Sabun dan Batik Mangrove di Surabaya, Nasi Mangrove dan Propagul Rhizophora Albino, juga menjadi bahan diskusi yang menarik.

Kunjungan kerja diakhiri dengan kunjungan ke Kebun Pembibitan Mangrove LSM LEPASS, foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan dari KeSEMaT kepada Bapak Sururi, mewakili LSM LEPASS.