7.4.09

Kunjungan KeSEMaT ke Perajin Batik Motif Mangrove di Surabaya

Surabaya - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 4 April 2009, para KeSEMaTERS, yaitu Faradhian Fahmi (DP), Windy Indra Ardiansyah (DP) dan Sunanto Kusuma P. (DP) mengunjungi seorang Ibu asal Surabaya, bernama Lulut Sri Yuliani (Ibu Lulut), yang merupakan penggerak masyarakat di Kecamatan Rungkut Surabaya. Beliau adalah seorang perajin batik bermotif mangrove, pembuat sabun cair berbahan baku mangrove dan aneka produk mangrove lainnya.

Sebelum pertemuan dilakukan, para KeSEMaTERS menyempatkan diri untuk melihat pameran batik mangrove yang dipamerkan pihak kecamatan kepada masyarakat umum. Dalam pemeran tersebut, diperlihatkan batik motif mangrove yang dibuat oleh masyarakat sekitar Rungkut atas inisiasi Ibu Lulut.

KeSEMaTERS bertemu dengan Ibu Lulut di Kantor Kecamatan Rungkut pada pukul 10.00 WIB. Saat pertemuan berlangsung, terjadi diskusi dan tanya jawab antara KeSEMaTERS dan Ibu Lulut dan kelompok binaan beliau. Sembari memberikian informasi mengenai berbagai program konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh KeSEMaT, para KeSEMaTERS juga menanyakan mengenai produk-produk apa yang telah berhasil diolah oleh kelompok binaan Ibu Lulut, dari bahan baku mangrove.

Selanjutnya, pada pukul 11.00 WIB, KeSEMaTERS diundang oleh Ibu Lulut untuk mengunjungi salah satu kelompok binaan beliau di Kecamatan Rungkut, Surabaya. Kelompok binaan yang awalnya adalah Ibu-ibu perajin tempe, mendemonstrasikan kepada KeSEMaTERS tentang teknik pembuatan batik dengan motif mangrove.

Kunjungan berakhir pada pukul 12.00 WIB yang ditutup dengan foto bersama. Sebagai oleh-oleh, Ibu Lulut memberikan sabun-cair-mangrove dengan bahan baku buah mangrove, yang antara lain berasala dari buah Sonneratia alba dan S. caseolaris, sebanyak 4 botol.