14.8.12

Press Release SEPTEMBER KeMANGTEERJKT. Ayo, Daftar Sekarang!

Latar Belakang
Sebagai bagian dari kawasan perairan Kepulauan Seribu, Pulau Pari mungkin tak setenar pulau lainnya seperti Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau Pramuka atau Pulau Wira. Penyebabnya adalah belum banyaknya akses transportasi yang mengantar pengunjung ke wilayah ini. Pulau Pari merupakan bagian dari 12 gugusan pulau di Kelurahan Pari yang memiliki luas 94,5 hektar. Pulau Pari sendiri memliki luas 42 hektar yang dihuni sekitar 789 penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan tangkap dan pembudidaya rumput laut.

Banyak masyarakat Jakarta yang belum tahu akan lokasi dan daya tarik Pulau ini, karena akses menuju pulau ini pun masih sangat sulit. Akan tetapi, jika kita sudah berkunjung ke tempat ini, maka kita akan disuguhi dengan hamparan pasir putih, laut yang jernih dan keindahan pohon mangrove yang tumbuh tersebar dengan rimbun di sini.

Banyak hal menarik yang dapat Anda jumpai di pulau yang memang dari kejauhan terlihat seperti postur ikan pari. Pulau ini kaya dengan hutan mangrove yang sekaligus memiliki ciri khas tersendiri di Pulai Pari. Pepohonan mangrove ini ditanam sejak tahun 2006 sepanjang hampir 700 meter pada salah satu gugusan pantai. Hutan mangrove sangat berguna mencegah abrasi dan melindungi ekosistem laut. Penduduk penghuni pulau ini pun rajin merawat dan membersihkan mangrove dari sampah sehingga membuatnya tetap bersih dan berfungsi dengan baik sebagai penangkal ombak tepi pantai.

Hamparan pasir putih dan laut biru yang jernih merupakan pesona lain dari Pulau Pari. Nyaris tak ada ombak atau sangat tenang dan asri. Boleh dibilang pantai di pulau ini masih perawan karena belum banyaknya turis yang berdatangan. Maka dari itu, ada nama tempat yang dinamakan Pantai Pasir Perawan di bagian daerah pulau pari. Yang juga tak kalah mengesankan adalah pesona dasar lautnya yang penuh dengan terumbu karang dan aneka jenis ikan yang memikat. Ikan-ikannya sangat cantik dengan beragam warna menarik. Oleh karena itu, snorkeling adalah aktivitas mengasyikkan yang dapat Anda lakukan di pulau yang satu ini.

Ada tiga area snorkeling yang menjadi andalan Pulau Pari, yakni Karang Kapal, Area Perlindungan Laut dan Bintang Rama. Keistimewaan lain, Anda dapat memperoleh penjelasan tentang ekosistem Pulau Pari dari para peneliti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Anda pun dapat melihat sekaligus memelihara pohon-pohon mangrove yang ada di pulau ini. Nah, sudah terbayang pastinya dalam benak Anda, bagaimana indah dan bagusnya Pulau Pari yang akan kita kunjungi bersama nanti.

Maka dari itu, kami dari KeMANGTEER JAKARTA ingin mengajak teman-teman pemuda Indonesia yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, untuk sama-sama mencintai dan menjaga kelestarian alam dengan kegiatan yang akan kami adakan pada tanggal 22 - 23 September 2012 yang bertemakan SEru-seruan Peduli & TanEm Mangrove BERsama (SEPTEMBER) KeMANGTEERJKT. Dijamin sudah pasti akan menarik, fresh dan mengasyikkan!

Tujuan Umum
Sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan semangat mencintai dan menjaga lingkungan terhadap ekosistem mangrove dan manfaatnya kepada generasi muda yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Tujuan Khusus
1. Mengenalkan mangrove kepada peserta mengenai kondisi hutan mangrove yang ada di Indonesia khususnya wilayah Jakarta
2. Memberikan gambaran kepada peserta mengenai tingkat kerusakan hutan mangrove yang sudah terjadi di pesisir Indonesia
3. Mengajak kepada peserta untuk peduli dan menjaga kelestarian hutan mangrove yang 75% sudah rusak

Acara, Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pulau Pari (Kepulauan Seribu Selatan), 22 - 23 September 2012
1. Pengenalan Mangrove
2. Diskusi
3. Penanaman Mangrove
4. Sapu Bersih
5. Snorkeling

Pendaftaran
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 12 Agustus 2012 – 6 September 2012, dan dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Daftarkan diri anda melalui sms dengan format: DAFTAR_NAMA_USIA_JENIS KELAMIN_KOMUNITAS/UMUM/ KAMPUS_DOMISILI__ALAMAT EMAIL (kirim ke 0813 1606 3681 a.n. NANDA LISTIAMANTO) Contoh: DAFTAR_TUTI_20 TAHUN_UNJ_DEPOK_tutialawiyahgarbin@yahoo.co.id
2. Biaya pendafaran keikutsertaan acara ini sebesar Rp 250.000,-
3. Setelah mendapatkan konfirmasi dari panitia, Anda sudah bisa mentransfer biaya pendaftaran ke nomor rekening yang direkomendasikan dan mengkonfirmasi kepada CP yang tertera apabila telah melakukan pembayaran.

Pembayaran
Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer ke nomor rekening :a.n. ANA SOFIANA No. Rekening : 1. BNI / 0206665928. 2. MANDIRI / 1330009883711. 3. BCA / 0952776337

Cara Pembayaran
Caranya: Untuk pembayaran via transfer dapat dilakukan dengan cara memasukan 3 digit angka pembayaran transfer dengan 3 digit angka terakhir nomor HP Anda di belakang nominal yang akan dikirim. Contoh: Jumlah biaya yang ditransfer Rp 250.000,- (250K) lalu nomor HP 08569-841-650, maka total transfernya Rp 250.650 Angka ini untuk membedakan jumlah transferan antara peserta satu dengan peserta lainnya dan memudahkan kami untuk melakukan pendataan dan pengecekan uang yang sudah ditransfer.

 Konfirmasi Setelah Transfer
Setelah transfer konfirmasi kepada kami melalu SMS ke: a.n. Nanda (0813 1606 3681) Format SMS: NAMA_DOMISILI_JUMLAH TRANSFER_ TANGGAL dan JAM TRANSFER_ _NAMA BANK. Contoh: TUTI_DEPOK_Rp 250.650_1 SEPTEMBER 10.30_BCA

Fasilitas dan Paket Perjalanan (Lengkap)
1. Akomodasi kapal PP (Muara Angke – Pulau Pari)
2. Penginapan (kapasitas 50 orang)
3. 3 kali makan (makan siang, malam, sarapan)
4. BBQ
5. Morning coffee
6. Materi pengetahuan tentang mangrove
7. Tanam mangrove (5 bibit/orang)
8. Sepeda digunakan selama acara berlangsung (2 Day 1 Night)
9. Snorkeling, foto underwater dan kapal jelajah 3 pulau (sudah termasuk peralatan lengkap 1 set/orang)
10. Sertifikat

Contact Person
Pendaftaran dan segala bentuk pertanyaan yang berkenaan dengan acara ini bisa di layangkan kepada: 1. Subhan (081905914800 ) 2. Nanda (0813 1606 3681)

Info terbaru dan lebih lanjut, kunjungi:
Twitter : @KeMANGTEERJKT
Facebook : KeMANGTEER JAKARTA
Blog : http://kemangteer.blogspot.com

KeMANGTEER Jakarta adalah komunitas pemuda/pemudi Jakarta dari berbagai macam universitas yang bergerak di bidang lingkungan dan konsen dalam penyelamatan hutan mangrove yang ada di pesisir kota Jakarta, mengingat kritisnya lahan mangrove yang ada di kota Jakarta, saat ini. Kami merupakan afiliasi dari KeSEMaT.

Penutup
Demikian TOR ini kami susun, sebagai bahan acuan demi suksesnya “SEPTEMBER KeMANGTEERJKT.” Atas perhatian, kerjasama dan partisipasinya, kami ucapkan terima kasih. Salam MANGROVER. #SAVEMANGROVE