7.8.12

Asyiknya Kampanye Mangrove dari Hotel ke Hotel!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Lihatlah foto di samping, ini adalah kami para KeSEMaTER saat mendampingi KeSEMaTUSTIK dalam sebuah pementasan mini konser mereka di sebuah hotel berbintang di Semarang. Dalam satu ruangan, berbuka puasa bersama dengan Gubernur Jawa Tengah, beserta dengan para jurnalis KOMPAS dan petinggi di Semarang, kami mencoba terus mengkampanyekan penyelamatan mangrove di forum-forum resmi seperti ini.

Tak melulu bekerja di pesisir dan bertemu dengan mangrove dan warga di sekitarnya, mengkampanyekan penyelamatan mangrove dengan cara mengatur kebijakan di tingkat pusat, bagi kami sangatlah penting. Beberapa kebijakan dan peraturan pengelolaan mangrove yang ada di Indonesia, memang terkadang masih sangat absurd dan tumpang tindih sehingga kurang bisa optimal dalam melindungi mangrove dan masyarakat pesisirnya.

Untuk itulah, kami berusaha memasuki berbagai batasan birokrasi pemerintahan yang kemungkinan sulit ditembus oleh warga pesisir dengan harapan bisa menjembatani dan menyuarakan aspirasi dari beberapa kelompok tani mangrove, untuk mempertemukan para stakeholder mangrove agar bisa mengatur kebijakan secara bersama dengan lebih serasi.

Maka, kegiatan mangroving kami dari hotel ke hotel untuk menghadiri beberapa acara mangrove dan lingkungan pesisir di Semarang dan berbagai kota di Indonesia, selalu kami sambut dengan senang hati. Tentu saja, hasil-hasil dari pembicaraan kami dengan para petinggi negeri ini, akan selalu kami sampaikan kepada warga pesisir, sebagai salah satu cara kami dalam memberikan informasi mengenai berbagai kebijakan mangrove dan pesisir terbaru yang sedang berkembang di Indonesia. Semoga saja, dengan usaha kecil ini, maka masa depan mangrove di Indonesia akan semakin baik. Amin. Semangat MANGROVER!