6.8.12

Press Release Upacara Bendera di Lumpur Mangrove 2012!

TERM OF REFERENCES (TOR)
UPACARA BENDERA DI LUMPUR MANGROVE 2012

I. JUDUL KEGIATAN
Upacara Bendera di Lumpur Mangrove 2012


II. PELAKSANA KEGIATAN Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT) Kantor KeSEMaT Semarang: Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50275 Jawa Tengah – Indonesia P. +622470527552 F. +62247474698 E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id CP. M. Faisal R. +62857 40 100 983

III. DURASI/JADWAL KEGIATAN
17 Agustus 2012


IV. MITRA KEGIATAN
KeSEMaT dalam kegiatan ini bekerja sama dengan KeMANGTEER, Yayasan IKAMaT, CV KeMANGI, pelajar, mahasiswa, warga Kelurahan Trimulyo dan masyarakat umum.


V. LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi. Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia khususnya Pantai Utara Jawa berada dalam tingkatan yang sangat mengkhawatirkan. Kondisi ekosistem mangrove yang ada di daerah pesisir Semarang, khususnya Kelurahan Trimulyo, telah rusak akibat abrasi dan pertambakan.

Memperhatikan keadaan tersebut di atas, maka pada tahun 2007 dan 2008, KeSEMaT telah melakukan upaya rehabilitasi mangrove melalui program MANGRES 2008. Dalam program ini, KeSEMaT telah menanam sebanyak 6000 bibit mangrove di tahun 2007 dan 1500 bibit mangrove di tahun 2008, yang ditanam di Kelurahan Trimulyo, Semarang. Untuk melanjutkan program MANGRES 2007 dan 2008 tersebut, maka di tahun 2010 sampai dengan 2011, KeSEMaT kembali mengadakan kegiatan MANGRES yang bertajuk MANGRES 2010 dan 2011, dengan inti kegiatan adalah penyulaman bibit mangrove yang telah rusak dan atau mati, untuk merehabilitasi kembali wilayah pesisir di Kelurahan Trimulyo, Semarang.

Selanjutnya, dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67, maka KeSEMaT bermaksud mengadakan upacara pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih di pesisir Kelurahan Trimulyo, Semarang. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat terhadap perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan.


VI. TUJUAN UMUM
Melakukan upacara pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih di pesisir Kelurahan Trimulyo, Semarang.


VII. TUJUAN KHUSUS
1. Meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat.
2. Meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya lingkungan khususnya ekosistem mangrove.
3. Mempererat tali silaturahmi antar mitra kerja KeSEMaT.

 VIII. DESKRIPSI KEGIATAN
8.1. Pendaftaran Peserta
Pada tahap ini, KeSEMaT melakukan rekruitmen dan pendaftaran kepada masyarakat umum. Pendaftaran peserta, dimulai pada tanggal 6 Agustus – 16 Agustus 2010. Adapun sasaran utama kegiatan ini adalah para mahasiswa dari organisasi mahasiswa se-Semarang dan masyarakat umum di seluruh Indonesia.


8.2. Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih
Pada tanggal 17 Agustus 2010, semua peserta dan panitia berkumpul di Kantor KeSEMaT dan berangkat ke lokasi upacara pada pukul 08.00 WIB. Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan pada pukul 09.00 WIB.


IX. PESERTA
9.1. Persyaratan dan Peraturan Peserta
1. Program ini adalah swadaya dan gratis, para peserta tidak dikenakan biaya apapun.
2. Peserta Upacara Bendera di Lumpur Mangrove adalah para mahasiswa dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia, khususnya Semarang.
3. Pendaftaran peserta dimulai dari tanggal 6 - 16 Agustus 2012.
4. Peserta dipersilahkan untuk langsung mendaftarkan dirinya ke Kantor KeSEMaT, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang Jawa Tengah INDONESIA. P. (024) 70527552 F. (024) 7474698. E. kesemat@undip.ac.id. W. www.kesemat.undip.ac.id.
5. Panitia tidak menerima pendaftaran melalui SMS. Untuk itu, para peserta diwajibkan datang langsung atau diwakilkan secara kolektif ke Kantor KeSEMaT.
6. Untuk menghormati bulan Ramadhan, maka panitia tidak menyediakan konsumsi di saat acara.
7. Akomodasi dan transportasi dibebankan sepenuhnya kepada para peserta.
8. Rombongan peserta dan panitia berangkat pukul 08.00 WIB dari Kantor KeSEMaT menuju lokasi upacara. Semua peserta diharapkan datang tepat waktu.
9. Panitia tidak membatasi jumlah peserta.
10. Untuk menjaga kerapian dan kekhidmatan upacara, maka seragam upacara adalah seragam institusi atau organisasi masing-masing dan wajib bertopi.
11. Semua peserta upacara akan membenamkan sebagian anggota badannya (dari pinggang sampai kaki) ke lumpur mangrove. Peserta diharapkan untuk bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri.
12. Peserta diwajibkan mengikuti keseluruhan acara dari awal sampai dengan akhir.
13. Peraturan dan ketentuan lain yang belum tercantum di TOR ini, akan disampaikan oleh panitia di lokasi acara.

X. KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan kegiatan ini bisa ditujukan kepada:

Sdr. Muhammad Faisal Rachmansyah
Presiden KeSEMaT
HP. 0857 40 100 983

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan di bawah Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang. Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silahkan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id

NB. Jadwal disusun secara tentative.


XI. PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih.

Semarang, 6 Agustus 2012

Panitia Upacara Bendera di Lumpur Mangrove

Presiden
Muhammad Faisal Rachmansyah
NIK Ke11SEMa13T