7.9.12

KeSEMaT Tanam 10.000 Mangrove di Jepara

Jepara - KeSEMaTBLOG. Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT) menanam 10.000 batang mangrove di Desa Tanggul Tlare, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Penanaman itu bertujuan untuk mengonservasi pesisir Jepara yang rusak akibat abrasi.

Kegiatan itu dihadiri Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi Camat Kedung Budi Utomo, Komandan Koramil Kedung Kapten Rondi, dan Kepala Desa Tunggul Tlare M Zaenuri.

Ketua Pelaksana Konservasi Mangrove KeSEMaT, Ganis Riyan Efendi, Kamis (6/9/2012), mengatakan, kegiatan itu merupakan program tahunan KeSEMaT. KeSEMaT mendapatkan bantuan benih mangrove dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

"Sebanyak 1.000 batang mangrove ditanam langsung KeSEMaT, sedangkan 9.000 batang mangrove ditanam masyarakat Desa Tunggul Tlare," kata dia.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi meminta agar masyarakat merawat mangrove yang sudah ditanam. Apabila ada yang rusak atau mati, masyarakat bisa menambal sulam.

"Mangrove berguna untuk melindungi kawasan pesisir dari abrasi. Penanaman itu nantinya akan dirasakan anak dan cucu," kata dia. (Editor : Rusdi Amral. Sumber : KOMPAS).

No comments:

Post a Comment