23.9.12

Press Release KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2012 : Lomba Penulisan Cerpen, Desain Logo dan Video Kampanye Mangrove Tingkat Pelajar dan Mahasiswa Indonesia

LATAR BELAKANG
Mangrove merupakan tumbuhan pesisir yang memiliki peranan sangat penting bagi ekosistem pesisir. Beberapa fungsi mangrove yang penting antara lain adalah sebagai tempat berpijah, beranak pinak dan pembesaran anak bagi fauna pesisir, pencegah abrasi, penjebak polutan, pereduksi gelombang tsunami, ekowisata, pencegah intrusi air laut, pengendali banjir, dan lain-lain.

Selain itu, bersama dengan ekosistem pesisir lainnya, yaitu padang lamun dan terumbu karang, mangrove memegang peranannya yang sangat vital, sebagai penyerap karbon, sehubungan dengan fungsinya dalam perubahan iklim, yaitu mencegah pemanasan global.

Manfaat mangrove yang begitu besar, telah berperan serta dalam menunjang kehidupan manusia dan lingkungannya. Namun demikian, manfaat yang sedemikian besar tersebut, seringkali terlupakan, bahkan menjadi terancam karena pemanfaatan mangrove yang tidak ramah lingkungan.

Penebangan mangrove, pembangunan pertambakan, pendirian perusahaan komersil, reklamasi lahan, pengurukan laut, dan usaha destruktif lainnya untuk merubah habitat mangrove menjadi sebuah lahan komersil telah mengancam kelestariannya di masa mendatang. Kerusakan mangrove telah terjadi di sebagian besar pesisir di Indonesia bahkan dunia.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh masyarakat, swasta dan pemerintah untuk mengembalikan fungsi ekologis mangrove seperti sediakala. Beragam program rehabilitasi mangrove tersebut telah dilaksanakan setiap waktu, namun demikian belum menunjukkan hasil yang maksimal karena tingkat kerusakan ekosistem mangrove yang cukup tinggi.

Dengan memahami kenyataan yang ada, maka diperlukan kerjasama lintas sektoral dengan multi stake holder untuk mengendalikan laju kerusakan ekosistem mangrove yang telah terjadi sekarang ini. Berbagai kalangan diharapkan dapat menyumbangkan perannya dalam turut serta menjaga dan melestarikan mangrove, yang terbukti sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dimasa sekarang dan akan datang.

Konsep pelestarian mangrove bottom up dan bukan top down, yang berarti inisiasi pertama dilakukan oleh masyarakat dan bukan pemerintah, telah diujicoba oleh beberapa individu dan komunitas, seperti organisasi mahasiswa, kelompok tani dan swasta, dan terbukti telah mampu mengembalikan lahan mangrove kepada kondisinya yang semula sehingga mampu berfungsi kembali dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir.

Melalui KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2012 : Lomba Penulisan Cerpen, Desain Logo dan Video Kampanye Mangrove Tingkat Pelajar dan Mahasiswa Indonesia, KeSEMaT melalui salah satu departemennya, yaitu Departemen Perpustakaan KeSEMaT (DEPUSMAT) mencoba untuk lebih menggali potensi komunitas muda yang merupakan agen utama dalam perubahan.

Kaum muda Indonesia, baik sebagai individu dan komunitas yang peduli dengan mangrove bisa jadi berjumlah ribuan. Pergerakan kaum muda dan komunitasnya dalam rangka turut serta melestarikan ekosistem mangrove di sekitarnya adalah salah satu hal yang wajib dihargai dan mendapatkan perhatian yang lebih, sehubungan dengan konsep bottom up, di atas.

Untuk itu, dalam KC 2012 ini, karya-karya mangrove yang dikirimkan adalah berupa ide kreatif para pelajar dan mahasiswa dalam bentuk yang berbeda dan menarik. Kegiatan KC 2012 ini juga memberi sedikit pandangan mengenai antusiasme dan pengetahuan para pelajar dan mahasiswa mengenai mangrove dan lingkungan pesisir di Indonesia dan seluruh dunia.

TUJUAN UMUM
Menyebarkan pengetahuan dan informasi mangrove serta menumbuhkembangkan semangat konservasi mangrove ke kalangan masyarakat terutama para pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

TUJUAN KHUSUS
1. Menumbuhkembangkan semangat konservasi mangrove.
2. Mengetahui seberapa jauh antusiasme para pelajar dan mahasiswa terhadap pengetahuan dan informasi mangrove.
3. Memperingati hari ulang tahun KeSEMaT yang ke-XI, yaitu KeSEMaTBIRTHDAY 2012.

 PERSYARATAN UMUM
• Peserta adalah para pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.
• Peserta berusia 17-25 tahun.
• Peserta adalah perseorangan dan kelompok.
• Karya mangrove tidak boleh mengandung unsur SARA.
• Peserta diperkenankan untuk mengirimkan lebih dari satu karya.
• Pengiriman karya mangrove dimulai pada tanggal 23 September 2012 sampai dengan 8 Oktober 2012 pukul 24.00 WIB.
• Karya mangrove yang dikirimkan adalah hasil karya orisinil yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media manapun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun.
• Dengan mengikuti KC 2012, maka setiap peserta menyetujui bahwa setiap hasil karya yang dikirimkan ke panitia KC 2012 adalah menjadi hak milik KeSEMaT dan akan dipergunakan sebagai media kampanye mangrove KeSEMaT ke komunitas dunia.
• Lomba KC 2012 ini adalah gratis, peserta tidak dikenakan biaya apapun.
• Lomba KC 2012 ini, tertutup untuk KeSEMaTER.
• Keputusan dewan juri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

PERSYARATAN KHUSUS
Kategori Lomba Penulisan Cerpen Mangrove
• Lomba ini bersifat perorangan.
• Setiap hasil karya cerpen mangrove diketik dengan huruf Times New Roman 12 di kertas A4 spasi 1,5 dalam format MS. Word, minimal 7 halaman.
• Setiap hasil karya cerpen mangrove ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sistematis dan terstruktur.
• Cerpen mangrove dikirimkan ke e-mail KeSEMaT : kesemat@undip.ac.id dengan subject Cerpen Mangrove KC 2012. Nama file dinamai dengan format : Nama Anda_Kota Asal_Judul Karya. Contoh : Galih Eko_Bandar Lampung_Negeri Mangrove.

Kategori Lomba Desain Logo Mangrove
• Lomba ini bersifat perorangan.
• Logo dapat berupa logogram dan logotype atau gabungan dari keduanya.
• Logo mencerminkan filosofi MANGROVER, yaitu individu atau komunitas yang peduli dengan mangrove.
• Logo hanya boleh menggunakan warna cokelat dan hijau.
• Panitia berhak melakukan perubahan terhadap logo yang menjadi pemenang dan menggunakannya untuk kepentingan apapun.
• Logo bersifat versatile dan dapat diaplikasikan untuk semua kalangan.
• File yang dikirimkan berupa file asli (Corel Draw, Adobe Photoshop, dan lain-lain) dan file hasil konversi (JPEG, BMP, dan lain-lain).
• Desain logo mangrove dikirimkan ke e-mail KeSEMaT : kesemat@undip.ac.id dengan subject Desain Logo Mangrove KC 2012. Nama file dinamai dengan format Nama Anda_Kota Asal_Judul Karya. Contoh : Galih Eko_Bandar Lampung_Negeri Mangrove.

Kategori Lomba Video Reportase Mangrove
• Lomba ini bersifat kelompok terdiri dari dua orang.
• Video mengandung data yang terpercaya.
• Materi video berupa kampanye penyelamatan mangrove di Indonesia dengan format bebas.
• Bebas menggunakan kamera apapun, handphone, camera pocket ataupun digital lainnya.
• Diperbolehkan melakukan editing video sebatas cropping, grading, mixing dan brightness.
• Video diunggah melalui situs YouTube : www.youtube.com disertai dengan deskripsi yang jelas.
• Link video kampanye mangrove dikirimkan ke e-mail KeSEMaT : kesemat@undip.ac.id dengan subject Video Kampanye Mangrove KC 2012. Nama file dinamai dengan format Nama Anda_Kota Asal_Judul Karya. Contoh : Galih Eko_Bandar Lampung_Negeri Mangrove.

PENJURIAN
Dewan juri KC 2012 terdiri dari para Konsultan KeSEMaT yang ahli dibidangnya, yaitu : 1. Aris Priyono (Penulis Cerpen Mangrove). 2. Fuad Ashari (Sutradara Film Dokumenter Eagle Awards Metro TV). 3. Prihatin Dwihantoro (Desainer Logo Bambu dan Rotan Kementerian Perindustrian).

HADIAH
Pemenang KC 2012 akan mendapatkan hadiah berupa (1) uang tunai, (2) tropi, dan (3) piagam penghargaan dari KeSEMaT dengan total nilai Rp. 1.000.000,-. Panitia hanya akan menetapkan satu orang pemenang saja dari setiap kategori lomba, yang masing-masing akan mendapatkan hadiah uang sebesar : Juara Desain Logo Mangrove Rp. 400.000,- Juara Cerpen Mangrove Rp. 300.000,- Juara Video Kampanye Mangrove Rp. 300.000,-.

Bagi para pemenang yang berdomisili di Semarang, maka paket hadiah akan diberikan pada saat perayaan KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2012 : Peringatan Hari Ulang Tahun KeSEMaT Kesebelas. Bagi pemenang yang berdomisili di luar Semarang, paket hadiah akan dikirimkan melalui pos ke alamat masing-masing pemenang.

PENGUMUMAN PEMENANG
Pemenang KC 2012 akan diumumkan dan dipublikasikan pada tanggal 10 Oktober 2012 di Jaringan KeSEMaTONLINE : www.kesemat.undip.ac.id. Penyerahan hadiah akan dilangsungkan di Kampus Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang, pada tanggal 13 Oktober 2012, pada saat peringatan puncak KB 2012. Para pemenang yang berdomisili di Semarang, akan diundang untuk menghadiri KB 2012.

KONTAK DAN INFORMASI
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KC 2012 bisa ditujukan kepada :
Sdri. Agitha Fricelya A. HB. Staf Menteri Perpustakaan KeSEMaT.
HP. +6285759804598 P. (024) 70527552 F. (024) 7474698.
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id.

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan di bawah Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang. Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silahkan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id.

PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat mengembangkan penelitian tentang ekosistem mangrove di kalangan mahasiswa, menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta mangrove di kalangan anggotanya, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya, serta mewujudkan dan mengembangkan kegiatan yang bersifat ilmiah dan mengarah kepada konservasi ekosistem mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini kami sampaikan terima kasih.

No comments:

Post a Comment